Virtual Regatta, Munculkan Minat Gamer Berlayar ala Profesional

Billy
22/11/2017 11:03 WIB
Virtual Regatta, Munculkan Minat Gamer Berlayar ala Profesional
google

Sudah bosan dengan genre MOBA dan FPS? Mau coba cabang eSports yang unik dan tidak pasaran? Kamu harus mainkan Virtual Regatta! Dari arti katanya, Regatta merupakan jenis olahraga yang berkaitan dengan kapal atau yacht. Jadilah kapten kapal terbaik dalam pelayaran kompetitif versus pelayar dari seluruh dunia.

Bukan sekedar kompetisi ecek-ecek, Virtual Regatta sudah mendapat dukungan dari World Sailing, lembaga yang menaungi olahraga berlayar seluruh dunia. The eSailing World Championship akan dihelat tiap tahun dan dimulai tahun depan di Sarasota, Amerika Utara, November 2018. Untuk bisa bertanding kompetitif, para virtual skipper (kapten kapal) harus mengumpulkan sejumlah poin, mengikuti kualifikasi, dan bila tampil bagus, kamu dikirim untuk mengikuti ESports World Convention atau ESWC.

ESWC adalah pelopor acara eSports internasional yang telah berlangsung selama 14 tahun. Bertujuan sebagai rumah bagi eSports untuk berkembang, menyatukan para gamer terbaik, fans dan berbagai konten esports dunia untuk berkompetisi serta menyajikan turnamen yang sportif, inovatif, dan menghibur.

Pengaruh eSports sebagai sebuah industri saat ini memang sangat besar sehingga dengan menjadikan sebuah olahraga nyata menjadi virtual-based, bisa merangkul lebih banyak penggemar baru maupun die-hard fans untuk mencoba. Lantas timbul pertanyaan, memang banyak yang main Virtual Regatta? Yap, terbilang banyak kok, saat ini pemain aktif Virtual Regatta sudah mencapai lebih dari 1 juta user. Gamenya pun terus dikembangkan dengan mengadaptasi peraturan resmi kompetisi berlayar. Saat ini, ada 150 turnamen dengan melibatkan 485.000 peserta.

Sebagai suatu game yang akan dipertandingkan, Virtual Regatta memiliki unsur strategi, digabungkan dengan teknologi dan kekuatan alam menjadikan game ini menantang dan merefleksikan keadaan turnamen berlayar yang sebenarnya bagi para gamer. Tidak aneh bila pengalaman nyata balapan kapal bisa kita rasakan karena game ini merupakan pemikiran dari Phillipe Guigne, seorang pelayar di Paris, Prancis pada tahun 2012 dengan tujuan untuk memberikan akses kepada semua orang untuk menjelajahi dunia pelayaran dan untuk pelayar berlatih kemampuan mengarungi samudra.

Meskipun popularitasnya mungkin belum bisa menyaingin genre eSports seperti MOBA ataupun FPS, namun tidak ada salahnya untuk menciptakan wadah kompetisi bagi orang dengan ketertarikan yang berbeda dan tentu ini adalah hal positif untuk mengekspresikan passion mereka dalam sebuah ajang kompetisi digital.