LA Bolds Main

Kenali Maksud dari Emote Populer di eSports Biar 'Nyambung'!

Billy
23/11/2017 11:36 WIB
Kenali Maksud dari Emote Populer di eSports Biar 'Nyambung'!
Google Images

Buat yang sering nonton streaming game-game eSports populer via Twitch atau kanal video lainnya, pasti familiar dengan istilah-istilah kekinian semacam 4head, Kappa, LUL, dan lainnya yang erat kaitannya dengan ekspresi fans-fans eSports. Tapi apakah kamu memahami makna dan arti istilah tersebut? Atau hanya ikut-ikutan saja :) Yuk, kita pelajari bareng biar nanti tetap 'nyambung' dan ga asal sebut.

1. LUL

LUL ini sebenarnya hanya 'bergeser' sedikit dari makna singkatan LOL atau Laughing Out Loud. Kalau orang Indonesia akan melihatnya sebagai ekspresi tertawa terbahak-bahak. Kenapa bisa jadi LUL? Terminologi awal untuk LUL adalah ‘cynical laugh’ atau ketawa nyinyir, dengan tujuan untuk merendahkan atau mengejek. Jadi, bila LOL digunakan untuk ekspresi momen-momen lucu, maka LUL bisa berarti hal lucu namun berbau sedikit umpatan atau niat meremehkan.

Contohnya: yaaah nyetun aja ga kena. LUL..!!!

2. KAPPA

Salah satu ungkapan favorit bagi para fans untuk menggambarkan sarkasme atau hal-hal ironis. Kappa biasanya digunakan untuk menjatuhkan orang dengan cara dipuji dulu, lalu ditambah 'kappa' untuk membeberkan ketidakbecusannya. Tapi apa kamu tahu foto kappa itu ternyata diambil dari salah satu mantan pegawai dari JustinTV, yang kini telah berubah jadi TwitchTV? Nama pegawai itu adalah Justin DeSeno. Kappa juga memiliki beragam versi yang senantiasa membuat meme ini akan selalu relevan untuk diutarakan.

Kappa juga memiliki korelasi dengan mitologi Jepang yang digambarkan sebagai sesosok monster mirip kadal atau salamander, namun memiliki paruh. Sifatnya usil, sehingga orangtua sering memperingatkan anaknya agar berhati-hati terhadap kappa. Sama halnya dengan orang-orang di twitch chat yang usil sering spam kata-kata kappa ketika melihat streamer favorit mereka.

Contohnya: Gayanya sih gede, tapi MMR cuma 2k. Kappa.

3. POGCHAMP

PogChamp digunakan ketika kamu melihat player favoritmu melakukan hal-hal keren dan menakjubkan. Saking sulitnya mengeluarkan kata yang pas untuk menggambarkan momen langka tersebut, maka lebih cepat dengan langsung mengucapkan 'PogChamp'. Emote ini diambil dari foto Ryan 'Gootecks' Gutierrez, yang merupakan host dari serial internet 'CrossCounterTV' dan Excellent Adventures of Gootecks and Mike Ross.

Contohnya: Komentator: Sumail melakukan Aegis Steal!!

Twitch Chat: PogChamp!! PogChamp!! PogChamp!!

4. FOREHEAD

Istilah satu ini memiliki banyak makna, bisa diartikan sebagai orang yang ketawa histeris sampai geleng-geleng kepala, atau ekspresi keheranan dan ketidakpercayaan saat ada kejadian yang tidak diduga atau ingin dihindari, tapi akhirnya tetap kejadian. Kamu juga bisa menggunakan ForeHead untuk membalas argumen orang yang sudah menceritakan guyonan tapi tidak lucu, atau opini orang yang salah data, sementara kamu tidak tahu bagaimana cara untuk meresponnya. Minimal dengan ungkapan ForeHead ini, orang yang kamu tuding belum tentu memahaminya.

Contohnya: RTZ: “Aight Guys, im gonna die again, thanks to my idiot teammate”

Twitch Chat: ForeHead, ForeHead!!

5. BIBLETHUMP

Emote satu ini cocok banget untuk menggambarkan kesedihanmu. Tapi bukan sedih karena diputusin pacar ya, melainkan perasaan tidak bisa melakukan apa-apa untuk menghindari kesedihan itu. Perlu diketahui bahwa emote biblethump adalah kepala dari karakter bernama Isaac dari game The Binding of Isaac. Gamenya cukup seru dan bisa kamu unduh via Steam.

Game ini menceritakan kisah Isaac yang harus melarikan diri dari kejaran ibunya, seorang pemeluk agama Kristen yang tiba-tiba kesurupan setelah mendengar 'suara' dari Tuhan, yang memerintahkan dirinya untuk melakukan pengorbanan. Jadi, Biblethump erat kaitannya dengan kisah Isaac yang merasa dilematis untuk menentukan harus mematuhi ibunya dan perintah Tuhan, atau menyelamatkan dirinya. Namun penggunaan biblethump untuk menggambarkan momen-momen sedih tetap relevan kok.

Contohnya: Na'Vi gagal mengikuti The International untuk pertama kalinya..

Twitch Chat: biblethump.. biblethump

Nah, ini baru sekelumit emote unik dan menarik yang perlu kamu ketahui jika sering hang-out bareng teman-teman fans eSports.id lainnya. Manakah yang sudah sering kamu gunakan, atau menjadi favorit selama ini?