[HEXION 2017] Acara Tahunan HIMTI yang Sukses Wadahi Kreativitas Mahasiswa!

basittt
21/12/2017 17:51 WIB
[HEXION 2017] Acara Tahunan HIMTI yang Sukses Wadahi Kreativitas Mahasiswa!

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) Binus University sukses menggelar acara tahunan mereka yang bertajuk HEXION, tanggal 14-20 Desember 2017. Terselenggara di Kampus Binus Anggrek, HIMTI Expo & Competition menjadi sajian utama dari acara gelaran anak-anak TI guna mewadahi kreativitas mahasiswa yang turut serta terlibat baik dari sisi edukasi, teknologi, maupun game. Yuk, lihat keseruan di HEXION 2017?

Menurut penuturan Galuh Oktaviani Anggraini selaku Chairman HEXION 2017, "HEXION merupakan acara tahunan HIMTI yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi para remaja (SMA/SMK-Kuliah) yang kesulitan merealisasikan skill dan karya yang mereka miliki. Dari awal acara ini diadakan, kita memang melihat eSports menarik dan terus tumbuh, apalagi HEXION dikenal karena ada perlombaan eSports khususnya DOTA 2. Maka dari itu tiap tahun kita terus melaksanakan kompetisi game dan tahun ini kebetulan ada 2 games yang dipertandingkan, yakni DOTA 2 dan FIFA 18."

"Pemilihan dua game itu sendiri sudah berdasarkan survei yang kita lakukan sejak Februari 2017, apa sih game yang sedang ramai dikompetisikan dan diminati para gamers? Akhirnya terpilih deh DOTA 2 dan FIFA 18 di HEXION 2017 kali ini. Seperti yang sudah kita sebutkan di awal tadi, tujuan kita memang untuk memberikan wadah bagi mereka menyalurkan bakat eSports terutama di game DOTA 2 dan FIFA 18. Diharapkan ini akan menjadi sebuah langkah awal dan dukungan bagi mereka yang merasa memiliki kemampuan di eSports untuk terus maju dan dimulai dari HEXION 2017."

Jika dilihat dari ragam sajian acaranya, HEXION memang tidak melulu seputar edukasi, banyak aspek yang tersentuh dari diselenggarakannya acara ini sehingga menarik untuk diikuti para mahasiswa dari Binus maupun luar Binus. HEXION 2017 menyajikan, Games Competition, Website Making, Mobile App Dev, Seminar dan juga Workshop. Jadi, seusai acara ini diselenggarakan, HEXION akan menghasilkan pemuda-pemudi kreatif dari masing-masing cabang kompetisi yang diadakan. Mahasiswa lain yang hanya sekedar berkunjung pun juga mendapatkan dampak positif sekaligus suntikan motivasi, karena ada pengetahuan baru dari Application Showcase karya mahasiswa Binus dan juga alumni.

Acara yang terbilang cukup besar bagi para mahasiswa ini tentu saja tidak akan berjalan lancar tanpa mediasi dari salah satu dosen pendukungnya. Tim Esports.ID sempat ngobrol sedikit dengan Ibu Violita Ismaya selaku Deputi Head of Program Computer Science Alam Sutera terkait kesan dan pesannya dengan acara ini, "Perasaan saya tentu saja sangat bangga ya, karena setiap tahun acara ini ada dan selalu menghadirkan kejutan baru, baik ditambahkan seminarnya, lombanya, games dan lain sebagainya. Saya di sini hanya sebagai pendukung mereka jika terjadi beberapa kendala ataupun kesulitan, kalau boleh jujur ide HEXION ini pure dari mahasiswa semua ya berdasarkan survei dan apa yang mereka pikirkan kemudian diajukan dan didiskusikan bersama pihak kampus. Kerennya tiap tahun terus berkembang sih, jadi harapan tahun depannya mungkin waktunya lebih agak diperpanjang lagi biar makin banyak acaranya juga."

"Oh iya satu lagi, terkait pandangan mahasiswa tentang game dan edukasi. Mahasiswa itu kalau dihadapkan dengan game pastinya main ya, suka sudah pasti. Tetapi hal itu harus diselaraskan dengan cara pembelajarannya juga, jadi nggak cuma suka main game tetapi mereka juga harus tahu caranya membuat game, berkreasi, membuat story line yang menarik sehingga orang bisa menyukai game mereka. Jadi dari sisi game-nya dapet, begitu pula dengan edukasinya," tambah Ibu Violita ditengah wawancara bersama Tim Esports.ID.

Kemeriahan acara HEXION 2017 terlihat dengan sangat jelas, Tim Esports.ID yang tengah menonton pertandingan DOTA 2 yang begitu alot antara Tim Respect Boy dan Lelaki Kadal sempat berpaling sebentar untuk menyaksikan flash mob yang begitu meriah dari para panitia HEXION 2017. Oh iya rangkaian acara yang telah selesai sampai pukul 15.00 WIB, menjadi harus menunggu sebentar karena pertandingan DOTA 2 yang begitu alot dan adanya beberapa kendala. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan keseriusan antara Tim Respect Boy dan Lelaki Kadal dalam bertanding, sehingga pertempuran mereka di DOTA 2 begitu layak untuk ditonton.

Sukses terus untuk HIMTI atas diselenggarakannya HEXION 2017, semoga tahun depan makin meriah!