Tebak Juara ESL One Katowice 2018

Facebook Watch Kalah Saing, ESL Larang Streaming Ilegal

Rendy Lim
26/01/2018 11:39 WIB
Facebook Watch Kalah Saing, ESL Larang Streaming Ilegal
Google Images, esports.id

Pengumuman partner antara raksasa social media Facebook dan salah satu penyelenggara turnamen eSports terbesar ESL mendapatkan perhatian serta kritik. Pasalnya Facebook mendapatkan hak ekslusif untuk penayangan turnamen besar yang diadakan oleh ESL, yakni ESL One Genting 2018 serta ESL CS:GO Pro League Season 7.

Memulai ekslusif streamingnya pada ESL One Genting 2018, Facebook Watch tidak mendapatkan respon baik dari para audience eSports. Viewers yang menonton pada DotaTV broadcast yang dibawakan oleh AdmiralBullDog dan ppd lebih banyak 10 kali lipat dibandingkan dengan official streaming yang berlangsung di Facebook. Berbagai alasan yang diberikan oleh para audience adalah seperti kualitas video, tampilan, serta support untuk mobile device.

AdmiralBullDog memutuskan untuk mengakhiri streaming-nya setelah datangnya sindiran dari berbagai pihak dan melihat hal tersebut dapat membantu meningkatkan jumlah viewers di Facebook, walaupun peningkatannya tidak begitu banyak.

Melihat masih adanya streamer yang melakukan streaming pada ESL One Genting di DotaTV dan aplikasi streaming lainnya selain official streaming, ESL mengambil langkah dengan memberikan klarifikasi di Reddit. Klarifikasi ini menghasilkan banyak kekecewaan dari komunitas yang memutuskan untuk tidak lagi memberikan support pada ESL mulai dari tidak menonton official streaming-nya lagi, mengembalikan tiket yang sudah dibeli, hingga membatalkan pembelian merchandise.

Pada klarifikasi yang dibuat oleh ESL Tournament Director, Jonas ‘bsl’ Vikan, mengatakan bahwa ESL tidak mengizinkan adanya streaming selain official streaming partner dan tidak membiarkan streamer lain melakukan monopoli konten terhadap konten mereka.

Tidak hanya kritik keras dari para fans yang kecewa atas pernyataan dari ESL, Charlie Yang mantan manager Evil Geniuses juga memberikan kritik atas masalah ini melalui twitternya.

Sebelumnya, masalah tentang broadcasting ini sudah diberikan klarifikasi oleh Valve yang mengatakan bahwa semua orang dapat menonton pertandingan DOTA 2 melalui DotaTV, namun pada kalimat selanjutnya ada larangan untuk melakukan streaming yang ditujukan pada commercial manner atau pada hal yang menganggu stream dari organizer turnamen.

Bagaimana pendapat kalian sobat EsportsID?