Tebak Juara ESL One Katowice 2018

Info eSports Kian Tersalurkan, Reuters Buka Saluran Khusus

Billy
06/02/2018 13:48 WIB
Info eSports Kian Tersalurkan, Reuters Buka Saluran Khusus
Reuters, esportsobserver

Tidak bisa lagi menafikan hingar-bingar eSports yang gemanya telah meluas dalam skala global dan bahkan menarik perhatian dari berbagai lapisan di luar kalangan para gamer, termasuk masyarakat awam yang minim informasi tentang fenomena zaman millennials ini.

Pentingnya informasi akan eSports membuat banyak media-media game bermunculan. Menariknya, ketika media berita mainstream yang sebelumnya hanya memuat porsi kecil untuk dinamika game, kini membentuk saluran tersendiri yang secara khusus meliput segala seluk-beluk competitive gaming, atau eSports.

Sebut saja, Yahoo!, yang biasanya meng-cover berita sehari-hari seperti politik dan lifestyle telah membuka Yahoo! eSports walau tak lama bertahan. Kemudian, saluran hiburan olahraga paling kesohor, ESPN, yang ikut perkenalkan tajuk ESPN Esports. Teranyar, pada tanggal 1 Februari 2018, media berita bisnis dan keuangan asal Inggris, Reuters, turut melebarkan sayapnya ke ranah eSports dengan The Reuters Esports Wire.

Reuters, sebagai salah satu agensi media terbesar dan tertua di dunia ini, mulai berikan perhatian kepada dunia eSports akan berdampak besar bagi perkembangannya secara luas. Dengan jangkauan yang luas dan reputasi sebagai media terpercaya kian membuat atensi masyarakat terhadap eSports makin meninggi.

Pemberitaan-pemberitaan yang baik membuat pengaruh positif kepada banyak orang bahwa eSports bukan hanya sekedar bermain game, namun telah menjelma jadi sebuah industri besar plus hiburan menyenangkan, serta lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang memiliki kemampuan.

Josh Duboff, selaku pejabat senior di Reuters, untuk bagian Olahraga dan Hiburan, menyatakan:

“Esports telah tumbuh dan berkembang semakin populer di seluruh penjuru dunia dan permintaan akan liputan untuk jenis olahraga yang satu ini semakin tinggi,” ungkap Josh Duboff. “Esports menawarkan kesempatan langka bagi Reuters menjadi media terdepan untuk meliput dan memberitakannya kepada pelanggan media kami di seluruh dunia sembari melihat meningginya tingkat ketertarikan atas industri game dari sudut pandang pembaca”.

The Reuters Esports Wire, bekerjasama dengan Field Level Media, penyedia berita olahraga asal Amerika Utara yang akan menyediakan liputan eksklusif serta analisa mendalam terkait industri eSports, termasuk gosip terkini, transfer pemain, perjanjian kerjasama atau sponsorship, dan liputan turnamen-turnamen terbesar di dunia, mencakup turnamen game Overwatch, Call of Duty, LoL, CS:GO, DOTA 2, NBA2K, dan lainnya.

Bagaimana sobat gamer, makin banyaknya media besar yang mengakui keberadaan eSports sebagai olahraga dan industri besar dunia, apakah sudah saatnya dunia pun mengakuinya sebagai cabang olahraga resmi, sekaligus sumber penghidupan yang layak bagi gamer-gamer bertalenta?