KASKUS Battleground PUBG Mobile

Dubai X Stadium, Tujuan Wisata eSports Masa Depan

MalZaHar
26/02/2018 10:00 WIB
Dubai X Stadium, Tujuan Wisata eSports Masa Depan

Tidak hanya negara Cina yang mulai melihat potensi besar eSports di masa depan dan mulai mencurahkan investasi besar untuk membangun kompleks olahraga digital. Uni Emirat Arab (UEA), kini telah canangkan program Dubai 10x Initiative, yang di dalamnya juga memuat rencana pendirian stadion eSports.

TECOM Group, bersama pemerintah lokal (Dubai Media Office), mengikrarkan hasrat mereka untuk mengembangkan bisnis eSports di kawasan Timur Tengah, lewat Dubai X Stadium. Sebuah wahana baru yang bakal didedikasikan untuk berbagai turnamen eSports dari seluruh dunia.

Melalui cuitan video presentasi terbarunya, via akun Twitter resmi dari Dubai Media Office, terbersit konsep penggarapan Dubai X Stadium sebagai komoditas ekonomi menjanjikan bagi negara UEA, yang berniat menjadi 'ibukota' ragam event eSports secara global.

Dubai X Stadium

Dengan adanya Dubai X Stadium, pihak pengembang berharap bisa mengeruk pendapatan mencapai US$1,4 milyar, atau persis senilai 20 trilyun rupiah, hingga tahun 2020. Hal ini mengacu pada rekaan pemasukan yang datang dari Media Rights, Advertising, Sponsorships, Merchandising, serta utamanya penjualan tiket.

Termasuk pula peningkatan sektor pariwisata bagi UEA, khususnya di Dubai, yang bakal meningkat drastis dengan kedatangan fanbase setia tim-tim peserta event. Bila jumlah fanbase diperkirakan bisa mendekati angka 600 juta orang hingga tahun 2020, dengan rata-rata 40.000 orang yang datang ke event eSports internasional, maka angka tersebut bukanlah hal yang mustahil.

Dubai X Stadium

Belum lagi potensi penghasilan dari penonton event secara online yang sudah lebih dari 385 juta viewers di tahun 2017, dan diprediksi bisa melampaui angka 589 juta penonton pada tahun 2020 nanti.

Sayangnya, sampai berita ini kami muat, belum ada info tambahan baik dari pihak TECOM Group ataupun Dubai Media Office, terkait detil rancangan termasuk kapan realisasi proyek Dubai X Stadium ini. Setidaknya, beberapa negara di dunia sudah melihat sangat serius menggarap potensi eSports untuk masa depan. Jangan sampai negara kita, Indonesia, terlambat (lagi) memulainya!