[Giveaway] Share Liburan Ala Gamer Kamu Bareng UniPin & Esports.ID!

Penonton Streaming eSports Lampaui Kanal TV CNN

MalZaHar
16/02/2018 10:00 WIB
Penonton Streaming eSports Lampaui Kanal TV CNN

Twitch.tv, sebagai platform streaming yang populer dengan konten game ataupun eSports, kini menorehkan prestasi menggembirakan dengan bersanding di jajaran atas dari sejumlah jaringan TV berbayar terkenal di dunia, seperti CNN, MSNBC, FOX News, dan juga ESPN. Menurut laporan data milik Benjamin Schachter (Macquarie analyst) yang dilansir dari StreetInsider.

Dengan torehan jumlah penonton dalam waktu bersamaan (concurrent viewers) di bulan Januari hingga mencapai 962.000 viewers, maka Twitch telah bercokol di peringkat ketiga, serta mengungguli CNN (783.000) dan MSNBC (885.000). Meski masih terpaut sekitar 500.000 penonton dibandingkan FOX News ataupun ESPN.

Twitch adalah layanan gratis yang sajikan konten penggunanya (user-generated), baik itu mereka yang bermain game secara live, ataupun hanya menontonnya. Adapula kolom komen yang memungkinkan para penonton untuk berinteraksi dengan streamer, sembari memberi hadiah berupa 'virtual items' (Bits).

Hebatnya lagi, pencapaian ini juga menandakan bahwa, sejak tahun 2014, Twitch mampu secara konstan memelihara angka kenaikan hingga 23% tiap tahunnya untuk total waktu menonton konten (Watch Time) via platform streaming milik Amazon tersebut.

Awal tahun ini, Twitch seakan ingin terus menjamin tren kenaikan tersebut dengan mengikat kerjasama untuk penyiaran Overwatch League (bernilai US$90 atau hampir 1,3 trilyun rupiah), dan kabar kontrak eksklusifnya dengan penyelenggara turnamen CS:GO, ELEAGUE.

Capaian ini tentu saja sangat erat kaitannya dengan meningkatnya minat masyarakat luas terhadap konten eSports, sebagaimana mayoritas pengunjung Twitch adalah mereka yang ingin menonton live streaming para gamer pro ataupun pertandingan dari berbagai turnamen game secara live.


Dr. Disrespect, salah seorang streamer game yang populer di Twitch

Salah satu pemicu keberhasilan ini adalah begitu fenomenalnya genre game battle-royale survival shooter, yang kian menyaingi kepopuleran genre MOBA, seperti kita bisa lihat pada bagan di bawah ini.

Ada tiga game survival yang sukses nangkring di posisi sepuluh besar game untuk tahun 2017, di mana PUBG menjadi primadonanya dengan angka penjualan yang sangat spektakuler untuk tahun pertama rilisnya (versi PC maupun konsol). Masih dikuntit secara ketat dengan Fortnite, yang secara diam-diam masuk deretan game paling sering dinonton selama bulan Januari, via Twitch, menurut data milik Newzoo.