Acer Windows Mixed Reality, Ajak Gamer Jelajahi Dunia Baru!

basittt
13/04/2018 16:39 WIB
Acer Windows Mixed Reality, Ajak Gamer Jelajahi Dunia Baru!
Suryadi Hiumanbrata, Dimas Setyo, Dennis Adhiswara, Nico Alyus

Jakarta (12/4), bekerjasama dengan Windows, Acer Windows Mixed Reality hadir sebagai teknologi baru yang memberikan pengalaman virtual terbaik dan lebih nyata dengan sensor-sensor terintegrasi tanpa perlu menggunakan sensor eksternal. Melalui kemudahannya itu, pengguna cukup pasang dan langsung mainkan (plug and play) untuk memasuki dunia baru. Perangkat ini kompatibel digunakan pada perangkat PC berbasis Windows 10 Fall Creator Update dengan berbagai macam konten menarik.

Acer Windows Mixed Reality telah dilengkapi fitur Inside-out Tracking yang dapat melacak gerak tubuh pengguna tanpa menggunakan sensor eksternal yang terpasang di sekitar ruangan, sehingga menggunakan VR jauh lebih akurat, nyaman dan mudah diakses. Fitur Inside-out Tracking ini bekerja menggunakan kamera pelacak yang ditempatkan di dalam headset, agar VR dapat mengenali lingkungan sekitar.

"Acer Windows Mixed Reality ini memungkinkan penggunanya untuk menjelajahi dunia virtual secara bebas dan tak terbatas. Perangkat ini telah dilengkapi dengan dua layar LCD beresolusi tinggi (1440 x 1440) dengan kemampuan refresh rate hingga 90Hz untuk menjamin pengalaman yang lebih real dan mendalam. Hanya dengan memiliki laptop/PC berbasis Windows 10 Fall Creator Update, semua orang sudah dapat merasakan keseruan berselancar di dunia virtual" ujar Suryadi Hiumanbrata, Product Manager Consumers Acer Indonesia.

Pada acara media hands-on kali ini, Dennis Adhiswara juga hadir sebagai seorang content creator, producer sekaligus pecinta Virtual Reality. Dennis mengungkapkan antusiasmenya terhadap teknologi ini dalam mendukung para pembuat konten seperti dirinya, "Sebagai pembuat konten, kehadiran Acer Windows Mixed Reality ini memungkinkan para content creator seperti saya untuk mencipta konten yang imersif. Acer Windows Mixed Reality ini memberikan pengalaman virtual yang benar-benar nyata dengan fitur inside-out tracking yang memberikan kemudahan penggunaan, cukup plug and play. Tidak perlu sensor eksternal lagi." ujarnya.

Perangkat Acer Windows Mixed Reality dihadirkan dengan dua layar LCD beresolusi tinggi (1440x1440), memiliki kemampuan refresh rate hingga 90Hz serta dibekali lubang audio jack 3.5 mm dan sebuah port HDMI 2.0 (display) dan USB 3.0 (data) untuk konektivitas yang lebih mudah. Perangkat ini pun bisa digunakan di ribuan permainan dan aplikasi yang tersedia di berbagai platform distribusi games dan aplikasi, memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dunia virtual dengan beragam suasana.

Pada Acer Windows Mixed Reality, kemudahan pada pemasangan juga menjadi keunggulannya. Hanya kurang dari 10 menit Acer Windows Mixed Reality dapat langsung digunakan. Nantinya, konten Mixed Reality akan terintegrasi ke dalam perangkat Xbox One, termasuk Project Scorpio di tahun ini.

Nico Alyus selaku CEO Omni VR mengungkapkan, "Kehadiran Windows Mixed Reality ini diharapkan dapat membangkitkan semangat developer untuk terus mengembangkan game Virtual Reality (VR) dan menghasilkannya menjadi lebih banyak lagi ke depannya."

Saat ditanya perihal batasan umur yang tepat untuk memainkan Virtual Reality ini Nikko pun menjelaskan, "Belum ada study pasti terkait standar batasan umur untuk memainkan game Virtual Reality, dimana standar internasional menjelaskan bahwa di umur 13 tahun mata manusia sudah fix dan umur itu yang paling cocok. Namun ada juga penelitian memberikan pendapat Virtual Reality bagus dimainkan sedini mungkin, ada yang menyarankan juga untuk dewasa saja. Namun dari pengalaman saya di OmniVR, sejauh ini para pengguna yang usianya berkisar di angka 13 tahun ke atas, aman-aman saja dan malahan terus memanfaatkan OmniVR sebagai sarana bermain Virtual Reality mereka."

Design pada Acer Windows Mixed Reality cukup ringkas dengan double-padded headband yang membuat pengguna merasa nyaman. Flip Visor yang di rancang pada Acer Mixed Reality ini juga memungkinkan pengguna melakukan interupsi sementara, tanpa harus melepas headset. Tidak hanya itu, untuk merasakan gerak immersive lebih luwes, rangkaian Acer Windows Mixed Reality dilengkapi oleh Six Degrees of Freedom (6DoF) dan Spatial Audio yang menawarkan pengaturan tercepat dan termudah serta fleksibilitas dalam skala yang lebih besar hingga para pengguna dapat berinteraksi langsung melalui dunia virtual. Kemudahan dalam menjelajah tanpa henti melalui Acer Windows Mixed Reality memberikan respon terbaik untuk bergerak yang dibantu oleh Motion Controllers.

Harga dan Ketersediaan

Acer Windows Mixed Reality segera tersedia dengan harga 7.500.000 IDR di Acer Official eStore (http://id-store.acer.com) dan toko-toko retail di kota kamu. Setiap pembelian Acer Windows Mixed Reality hingga Oktober 2018 akan mendapatkan konten game VR GhostBusters dari Microsoft Store secara gratis. Pengguna pun dapat mengunjungi Acer Customer Service Center yang terletak di 102 lokasi di 81 kota di seluruh Indonesia jika memiliki pertanyaan atau keluhan seputar produk ini maupun produk Acer lainnya.