Smartfren

Belajar Strategi MOBA ala Jenderal Perang Sun Tzu Part 2

Billy
15/05/2018 09:57 WIB
Belajar Strategi MOBA ala Jenderal Perang Sun Tzu Part 2
Google

Masih berkutat dengan panduan berperang ala Sang jenderal Sun Tzu, bagian kedua akan mengupas manuver-manuver berperang yang bisa kamu terapkan dalam MOBA layaknya peperangan sejati di jaman kolosal dulu. Cari tahu caranya untuk menang walau terdesak, kalah persenjataan maupun jumlah pasukan.

The Winning Strategies

  • Plum Tree Sacrifices For The Peach Tree

Pengorbanan adalah salah satu strategi penting dalam berperang. Untuk kepentingan yang lebih besar, sebuah kambing hitam, sasaran tembak apapun istilahnya bisa jadi alternatif. Dalam MOBA, pengorbanan bisa digunakan untuk kepentingan bertahan dan menyerang. Ketika terjebak dalam jebakan lawan, membiarkan salah seorang untuk mati, bisa menyelamatkan kawanan lainnya dibandingkan berupaya berlari bersama dan meningkatkan resiko tertangkap.

Begitupun mengorbankan salah seorang rekan untuk secara sukarela menampakan diri diserang lawan. Bertindak seakan lengah padahal itu adalah bagian dari strategi jangka panjang untuk memenangkan pertempuran dan mengepung pasukan lawan yang sudah terlanjur terpancing dengan jebakan tersebut.

  • Entice The Tigers to Leave Its Mountain Lair

Jangan pernah memaksakan diri untuk menyerang di tempat yang lebih menguntungkan musuh, misalnya markas. Musuh memiliki keunggulan vision dari tower serta highground, menyerang dalam radius yang rawan bisa berakibat fatal. Untuk memastikan invasi berhasil, pancing musuh keluar dari sarangnya dan lakukan serang balik ketika musuh memaksakan diri untuk memukul mundur.

Kecuali bila musuh memang sedang dalam situasi pincang dan secara tiba-tiba memberondong masuk bisa memberi efek kejut yang makin membenamkan lawan.

  • Shut The Door to Catch The Thief

Ketika memiliki kesempatan untuk mengakhiri pertempuran, segeralah lakukan untuk menghindari kemungkinan lawan melawan balik. Waspadai dan lakukan analisa cermat apakah lawan masih memiliki kemampuan bertahan atau benar-benar tak berdaya sebelum memutuskan untuk menghancurkan base.

  • Chain Together The Enemy’s Ships

Pastikan kalian memiliki lebih dari satu strategi bertempur. Komposisi draft tidak hanya handal dalam satu aspek strategi, push misalnya, tapi kurang kemampuan untuk berkonfrontasi langsung. Memiliki fleksibilitas dalam berperang akan membuat musuh kesulitan menemukan kelemahan kalian.

  • Run Away to Fight Another Day

Melarikan diri bukanlah kekalahan. Ketika bertempur, menang adalah tujuan utama, namun opsi lain yang kalian temui adalah kalah. Namun kekalahan apa yang kalian inginkan? Kalian bisa menyerah, kompromi atau melarikan diri.

Menyerah berarti kalian kalah sepenuhnya, berkompromi kalian separuh kalah tapi melarikan diri bukanlah kekalahan. Selama kalian masih bisa bernafas dan hidup, kalian masih punya kesempatan untuk melawan balik dan menang.