Esports.ID

Infinity War, Ragam Pertandingan eSports Terpanjang dalam Sejarah

Billy
04/05/2018 11:32 WIB
Infinity War, Ragam Pertandingan eSports Terpanjang dalam Sejarah
Various Source

Menyerempet sedikit hiburan paling dinanti tahun 2018, Avengers: Infinity War yang akhirnya rilis pada 25 April lalu di Indonesia. Tak kalah kolosal dan menghabiskan tenaga seperti daya upaya pahlawan terkuat bumi mengalahkan sang penguasa alam semesta, Thanos yang mesti disajikan dalam dua part terpisah, beberapa pejuang esports di dunia juga lakoni laga terpanjang dalam hidup mereka. Penuh dengan keringat, darah, pembalasan dan perjuangan tanpa henti. Kami sajikan Infinity War, peperangan tiada akhir di kancah eSports.

Pertandingan DOTA 2 Terpanjang Dalam Sejarah

DOTA 2 merupakan MOBA yang unik, sederhana namun kompleks. Segala variable dan mekanik yang terdapat didalam gamenya membuat tiap pertandingan sulit diprediksi hasil akhirnya. Begitupun yang terjadi dengan para profesional sarat pengalaman berikut ini.

Kala itu, 20 Maret 2015, Starladder Series musim ke 12 jalankan kualifikasi untuk regional CIS dan Eropa. Takdir mempertemukan Cloud9 yang saat itu diperkuat oleh Jacky “EternalEnvy” Mao melawan SCARYFACEZZZ asal Ukraina. Pertandingan qualifier ini berlangsung cukup lama hingga 3:20:34. Tentu saja durasi selama ini jarang ditemui diolahraga manapun.

Meski kelihatannya bermain game seperti DOTA hanya duduk saja, tapi pergerakan tangan dan kordinasi ke pikiran harus terjaga selama berjam-jam terbukti tak kalah melelahkan. Hilangnya konsentrasi dan ketenangan jadi faktor utama salah satu tim bisa jadi kalah. Kerennya, selain menjadi game kompetitif terlama, pertandingan ini juga memecahkan beberapa rekor-rekor menarik.

Lebih parah lagi diluar ranah kompetitif, ternyata ada pertandingan DOTA 2 yang jauh lebih lama. Pada suatu matchmaking di region Eropa pada Kamis 6 April 2017 lalu terdapat sekelompok orang yang tanpa mereka duga akan terdampar di game berdurasi 5 jam 3 menit 30 detik. Mereka tak menyadari komposisi dari hero pilihannya ternyata sangat mendukung untuk terciptanya game DOTA terlama dalam sejarah.

Ada Sniper, unggul dalam serangan jarak jauh dan bisa menghabisi creep dengan cepat bila diberi waktu dan kesempatan. Ada pula Techies, hero paling usil dan ahlinya menciptakan game panjang dan frustasi. Ada Tinker dan Invoker yang hobi farming dan mudah tergoda untuk kumpulkan item idaman demi keluarkan jurus-jurus andalan. Tak ketinggalan Legion Commander, yang memiliki tambahan damage bila ultimatenya sukses membunuh lawan. Mungkin memang ini agenda tersembunyi dari pemain LC karena dia sukses mendapatkan sampai 4638 damage. WOW..!!!

Lebih takjub lagi jumlah kill yang bisa mereka capai, bila normalnya mendapat 20 kill sudah luar biasa bagi core, tapi jumlah segitu hanya angka minimal yang diraih oleh support untuk ukuran game 5 jam. Core sendiri seperti yang terlihat digambar mampu sarangkan ratusan kill. Mampukah kalian bermain dalam game selama ini gamers?

Pertandingan Kompetitif CS:GO Terpanjang

Beralih ke lain genre yakni FPS, ternyata ada juga kisah pertandingan yang memakan waktu tidak normal untuk ukuran tembak-tembakan. Kisahnya terjadi di MLG Columbus Major pada 30 Maret 2016 lalu. Kala itu Flipsid3 Tactic harus berhadapan dengan Mousesports pada babak group stage di grup A. Pertandingan makin penting kala itu karena tim yang kalah harus tersingkir, sehingga dipastikan keduanya akan mati-matian untuk menang.

Benar saja, pertandingan baru berakhir setelah dua jam setengah. Awalnya tidak ada yang menduga kalau match ini akan menjadi yang terpanjang. Mousesports sudah tertinggal di babak pertama dengan angka 12-3. Entah bagaimana ceritanya, Mouz berhasil membalikan keadaan di paruh kedua dan hanya perlu amakan satu round lagi. Sayang permainan dari pemain Flipsid3 Yegor “ Markeloff” Markelov dengan torehan 50 kill mampu bawa Flipsid3 ciptakan 5 overtime yang pertama dalam sejarah.

Tampaknya sudah usai bagi Mouz sampai Nikola “Niko” Kovac kembali temukan performa terbaiknya setelah jadi pesakitan di paruh pertama. Ia kuntit rapat permainan Markeloff sampai akhirnya pastikan diri melenggang ke babak selanjutnya dan kirim perwakilan CIS pulang ke rumah.

Namun gelar pertandingan terlama sejatinya dipegang oleh tim exceL dan XENEX dari Inggris. Pada turnamen ESL UK Priemership Season 1 yang berlangsung 21 April 2015 lalu, harusnya menjadi lawatan yang mudah bagi XENEX, salah satu tim yang memiliki reputasi lumayan. Sementara sang lawan excel, bahkan dipandang tak pantas ikut serta di turnamen ini.

Ternyata kejadiannya tak seperti yang orang duga, excel memang tertinggal beberapa round namun mampu mengejar dan membalikan keadaan. Situasi bolak-balik seperti ini terus terjadi hingga berlangsung selama 4 jam (3 jam pertandingan pertama dan 1 jam pertandingan kedua, B03 Format). Ringkasnya, pertandingan kedua tim mencatatkan enam overtime, 88 ronde dan hampir tiap pemain mampu bukukan 50 kill. Pada akhirnya XENEX tetap berhasil keluar sebagai pemenang.

Pertandingan Kompetitif League of Legends Terpanjang

SK Telecom T1 adalah salah satu tim terbaik LOL di dunia. Mantan juara World Championship tiga kali disokong oleh pemain sekaliber Faker yang didapuk sebagai pemain LOL terbaik dunia. Performa SKT yang agak aneh diawal musim 2018 memang disayangkan seakan mereka belum mampu keluar dari bayang-bayang kegagalan di Worlds.

Pada LCK 2018 Spring, Faker dan kawan-kawan harus terjebak dalam pertandingan melelahkan yang harusnya bisa mereka selesaikan dengan mudah, andai mereka berada di performa terbaik seperti musim sebelumnya. Menghadapai Jin Air Green Wings, SKT berjuang mati-matian untuk bisa menang melawan Green Wings, sayang meski sudah berusaha sepanjang 94 menit. Mereka tetap gagal.

SKT hanya mampu menang di game pertama dari pertandingan BO3 itupun memakan waktu 46 menit. Di game kedua Green Wings mampu samakan kedudukan setelah bertarung selama 52 menit. Babak penentuan begitu penting untuk keduanya walau ujung-ujungnya SKT gagal untuk menang. Bila dikalkulasikan semuanya, pertandingan SKT vs Green Wings tidak hanya memecahkan rekor untuk pertandingan terlama sepanjang 94 menit namun series terlama 192 menit atau sekitar 3 jam.

SK Telecom T1 pada akhirnya tetap mampu lolos ke playoff dengan menempati urutan ke-4 sementara Green Wings gagal karena tertahan di peringkat 6.

Pertandingan Kompetitif Vainglory Terpanjang

Game MOBA mobile biasanya dibuat untuk meringkaskan gameplay dan juga durasi bermain agar lebih singkat dan cepat. Namun dalam kompetisi ketika lawan dan sekutu memiliki skill dan kemampuan bermain yang baik, tak ayal pertaruangan sengit sulit dielakkan. Itulah yang terjadi pada Vainglory Priemer League Preseason Invitational.

Pertarungan antara Rising Lotus melawan Salty Potatoes pada 29 April 2018 lalu menjadi salah satu game terlama dalam sejarah komepetisi Vainglory. Berlangsung selama 34:43 detik, Rising Lotus berhasil sudahi perlawanan Nasty Potatoes dengan susah payah dengan skor tipis 33-28. Biasanya game MOBA mobile berdurasi sekitar 10-15 menit namun memainkannya dalam waktu setengah jam sudah dua kali lebih lama dari biasanya dan untuk skala turnamen, sangat melelahkan.

Berapa rekor pertandingan terlamamu sobat eSports?