Esports.ID

Resmikan Indonesia eSports Arena, MDMedia Siapkan Fasilitas Mumpuni!

basittt
03/06/2018 12:58 WIB
Resmikan Indonesia eSports Arena, MDMedia Siapkan Fasilitas Mumpuni!
Esports.ID

Seperti kita ketahui bersama, cabang olahraga elektronik (eSports) kini tengah naik daun di Indonesia. Begitu banyak kompetisi eSports digelar dari berbagai brand selama kurang lebih dua tahun terakhir, salah satunya adalah IndiHome eSports League yang penyelenggaraannya dilakukan serentak di ratusan kota Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Season 1 yang tandingkan game Vainglory, telah selesai laksanakan fase Grand Final yang lahirkan satu juara dari organisasi eSports ternama di Indonesia dan tidak asing lagi, yakni BOOM.ID.

Selanjutnya, IndiHome eSports League akan hadir kembali untuk 3 Season lanjutan yang direncanakan berlangsung selama 2 tahun ini. Jenis game yang dipertandingkan untuk Season selanjutnya juga masih belum diumumkan oleh pihak penyelenggara event, baik PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) ataupun lawan kolaborasinya IndiHome. Namun dari Season 1 tercatat lebih dari 5600 match berlangsung di game Vainglory yang mana peserta bertanding untuk rebutkan hadiah dengan nilai Ratusan Juta Rupiah.

"Liga ini bagian dari upaya memperkenalkan experience terhadap konektivitas IndiHome yang sangat stabil sehingga dapat menjadi referensi komunitas Gamers di seluruh Indonesia," ujar Jemy Confido sebagai VP Marketing Management PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). "Event eSports sering sekali dilakukan di tempat yang untuk acara umum, seperti mall atau convention yang bukan khusus untuk eSports. Sejalan dengan hal tersebut, MDMedia berkolaborasi dengan Optima menghadirkan arena khusus eSports yang terbesar di Indonesia," sambung Syaifudin Direktur Utama PT Metra Digital Media (MDMedia).

Seperti yang digadang-gadangkan sejak IndiHome eSports League diperkenalkan, wacana untuk hadirnya eSports Stadium memang sudah digaungkan. Akhirnya, area itu diresmikan bersamaan dengan digelarnya Grand Final IndiHome eSports League: Season 1 Vainglory (1/6) yang resmi dengan nama Indonesia eSports Arena. Berlokasi di Amanyaak Building, Pluit, Jakarta Utara, Indonesia eSports Arena akan jadi sarana khusus eSports terbesar di Indonesia dengan kapasitas mencapai 500 orang (sitting) atau 1200 orang (standing) yang luasnya sekitar 1500 meter persegi. Arena ini tentu saja dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas serta teknologi yang mendukung perkembangan industri eSports, seperti konektivitas dengan high speed internet access 1:1, eSports streaming, boot camp untuk atlit eSports, fasilitas videotron indoor untuk mendukung promosi acara dan lain sebagainya.

"Indonesia eSports Arena ini dibangun dengan tujuan untuk memberikan sarana dan fasilitas berlatih bagi atlit eSports di Indonesia, sebagai salah satu dukungan bagi perkembangan industri eSports di Indonesia yang diminati banyak kalangan muda untuk terus berprestasi," ujar Joseph Maramis, Komisaris Optima. Tak hanya menjadi tempat diselenggarakannya event eSports Indonesia, Boot Camp di Indonesia eSports Arena akan menyediakan area bagi para gamer untuk berlatih tanding dan berkompetisi agar lebih meningkatkan kompetisi mereka. Berbagai event eSports berskala nasional dan internasional akan dilaksanakan di lokasi ini. Semoga kontribusi ini akan semakin mendukung kemajuan prestasi eSports di Indonesia.

 Bagaimana menurut pendapat kamu, Sobat eSports?