Esports.ID

Lebih Bagus dari Razer dan Xiaomi? Simak Keunggulan ROG Phone

Rendy Lim
05/06/2018 11:17 WIB
Lebih Bagus dari Razer dan Xiaomi? Simak Keunggulan ROG Phone
ASUS ROG Phone

Akhir tahun lalu gamer smartphone dihebohkan dengan kehadiran Razer Phone yang menjadi pionir standar baru dalam gaming smartphone. Namun harga yang cukup tinggi bagi kalangan gamer menegah membuat mereka mengundurkan diri untuk menyicipinya. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Xiaomi, perusahaan asal Cina yang terkenal dengan smartphone berteknologi tinggi namun memiliki harga terjangkau. Xiaomi Black Shark, smartphone gaming besutan Xiaomi masuk meramaikan tren baru tersebut di awal tahun ini. 

Seakan menerima tantangan dan berpikir dapat melakukan yang lebih baik dari kedua perusahaan tersebut, ASUS juga ikut terjun dan meluncurkan smartphone gaming versi mereka sendiri, ROG Phone. Diperlihatkan ke publik pertama kalinya kemarin pada acara Computex di Taipei, ROG Phone tampak berhasil menjadi smartphone gaming yang memiliki fitur dan aksesoris super lengkap untuk segala jenis game. 

Penasaran fitur-fitur apa saja yang ekslusif dari ROG Phone? Yuk, simak di bawah ini: 

AirTriggers dan AeroActive Cooler

AirTriggers merupakan tombol ultrasonic yang hanya memerlukan 20 gram tekanan sehingga memberikan refleks yang cepat ketika kamu bermain game. Terdapat 2 tombol AirTriggers di sisi kiri ROG Phone, dikhususkan ketika kamu bermain game dengan posisi landscape, serta satu lagi di bagian kanan bawah untuk kemudahan dalam mode portrait.

Setiap tombol tersebut dapat kamu modifikasi sesuai dengan kebutuhan, mulai dari gaming ataupun kebutuhan non-gaming kamu. Kehadiran AirTriggers tentu sangat membantu kamu menjauhkan jari-jari tangan untuk menghalangi pandangan di layar.

Selain itu, satu hal yang sangat diperhatikan oleh ASUS saat bermain dalam mode landscape adalah gangguan kabel charger dan headphone. Mengatasi masalah tersebut, ASUS memperkenalkan AeroActive Cooler yang berfungsi dengan menambahkan port di sebelah kanan ROG Phone dan memungkinkan kamu untuk men-charge smartphone kamu bahkan mencolok headphone tanpa menyebabkan gangguan kabel di genggamanmu seperti yang kamu alami selama ini. 

Triple Dock (Mobile Desktop Dock,  TwinView Dock, WiGig Dock)

Menggunakan Mobile Desktop Dock bisa membuat kamu menyambungkan ROG Phone ke perangkat PC yang mendukung hingga 4K Monitor, Gigabit Ethernet, 5.1-channel speakers, dan beberapa perangkat USB lainnya. Hal ini bukan ditujukan agar bisa membully lawan kamu, namun memberikan rasa kompetitif yang lebih. Mobile Desktop Dock juga bisa membantu kamu mengatur dam memindahkan dokumen pekerjaan lebih mudah. 

ROG Phone rasa 3DS? TwinView Dock adalah perangkat yang memberikan kamu secondary screen yang mirip dengan ROG Phone. Developer dan gamer dapat memnfaatkan perangkat ini untuk menampilkan informasi penting dalam game ataupun melakukan chat bahkan membuka aplikasi lain. TwinView Dock juga bagus untuk kamu yang suka melakukan live stereaming dan memiliki masalah dengan keseringan menutup kamera depan. Selain dilengkapi dengan tombol fisik untuk mempermudah kontrol game, TwinView juga memiliki baterai tambahan 6000mAh agar kamu bisa bermain lebih lama. 

Selain kedua Dock tersebut, ROG Phone juga memiliki WiGig Dock yang membuat kamu dapat menampilkan secondary screen di TV dengan low-latency 802.11ad 60GHz WiFi. Perangkat ini juga dilengkapi dengan GameVice controller yang sangat mirip dengan joystick Nintendo Switch atau Xiaomi Black Shark

Berikut adalah spesifikasi dari ROG Phone: 

  • Octa-core Qualcomm Snapdragon 845, clocking at 2.96GHz, Adreno 630
  • 8GB of LPDDR4 RAM
  • 128GB and 512GB internal storage (UFS 2.1)
  • Measures 158.8 x 76.2 x 8.6mm, weighs 200g
  • 6-inch AMOLED display (2160 x 1080 resolution, 18:9 aspect ratio)
  • 12MP + 8MP (120° wide-angle) dual rear camera, 8MP front camera
  • Features Fingerprint Scanner, Face Unlock, USB 3.1 Type-C (custom, HyperCharge), USB 2.0 Type-C, Dual front-facing stereo speakers with smart amplifier, AirTriggers
  • Supports WiFi 802.11a/b/g/n/ac/ad, 4G LTE, 2x2 MIMO, Bluetooth 5.0, NFC, DTS Headphone:X 7.1 surround sound, aptX connectivity
  • ROG Gaming UI based on Android Oreo
  • 4000mAh battery

Sobat eSports, bagaimana menurut kamu ROG Phone ini? Dibanding dengan Razer Phone dan Xiaomi Black Shark, kamu lebih pilih yang mana?