Esports.ID

Uji Coba Steam.tv Muncul ke Publik, Valve Incar Twitch?

MalZaHar
20/08/2018 13:57 WIB
Uji Coba Steam.tv Muncul ke Publik, Valve Incar Twitch?
Valve Genjot Performa Steam Broadcasting untuk DOTA 2 TI8

Sudah banyak kanal ataupun platform penyiaran yang berusaha melengserkan posisi Twitch sebagai situs streaming game terpopuler di kalangan gamer, bahkan perusahaan-perusahaan sekaliber Facebook dan Google coba merambahnya dengan FB.GG ataupun YouTube Gaming, namun belum ada yang benar-benar mampu menundukkan produk dari Amazon tersebut. Apakah Valve kini ingin turut bersaing?

Bisa jadi! Apalagi hari ini (20/8), Valve ternyata baru saja merilis siaran percobaan via sebuah situs penyiaran dengan domain Steam.tv, yang menayangkan streaming pertandingan DOTA 2 dari ajang The International 2018 (TI8).

Sepertinya, Lord Gaben pun seakan tidak sepenuhnya rela bila para pengguna layanan Steam miliknya malah melakukan streaming via layanan lain, khususnya Twitch, sebagai kompetitor paling besar.

Uniknya, berdasarkan pernyataan resmi dari Valve yang disampaikan ke CNET bahwa siaran percobaan tersebut sebenarnya belum dapat dipublikasikan kepada publik, alias kebetulan saja 'bocor'.

"Kami sedang uji coba Steam Broadcasting untuk Main Event dari The International, ajang turnamen tahunan DOTA 2," ujar salah seorang perwakilan dari Valve, kepada CNET (20/8). "Apa yang publik lihat merupakan sebuah test feed yang secara kebetulan tampil di publik."

Meski akhirnya di-takedown kembali oleh Valve, namun sudah terlihat gambaran awal dari Steam.tv tersebut, serta beberapa fitur-fitur pelengkapnya. Dari segi interface, layanan ini tersaji dalam web browser yang menampung lebih banyak fitur dibandingkan versi Steam Broadcasting sebelumnya.

Begitu login (akun di Steam), maka kamu dapat mengakses fungsi Steam Chat model baru, yang memudahkan player dalam mengundang teman untuk menonton bareng berbagai pilihan video sembari chat. Termasuk fitur built-in voice chat yang tersematkan langsung pada web browser, sayangnya belum kompatibel untuk Firefox, dan hanya tersedia versi Steam Client atau Chrome.

Selain itu, karena siaran percobaannya baru menayangkan streaming untuk pertandingan DOTA 2 di The International, masih belum diketahui apakah Steam.tv nantinya bakal fasilitasi semua penyiaran untuk game-game di Steam.

Sepertinya akan menjadi langkah berani dari Valve untuk mengejar ketertinggalannya dari layanan streaming game via Twitch, yang bahkan kini telah melampaui angka satu juta view rata-rata per harinya. Bagaimana menurut sobat eSports, apakah Steam.tv akan berhasil?