Esports.ID

Logo eSports untuk Asian Games 2018 Tak 'Atletis', Apa Iya?

Rendy Lim
18/08/2018 21:04 WIB
Logo eSports untuk Asian Games 2018 Tak 'Atletis', Apa Iya?
Esports Asian Games 2018

Esports resmi menjadi salah satu cabang olahraga eksibisi baru di Asian Games 2018, Jakarta - Palembang. Dan meski belum masuk kategori olahraga yang akan menyumbang medali emas untuk klasemen akhir, tapi eSports pun kini mendapat pictogram-nya sendiri sebagai bentuk 'pengakuan' menuju ranah Olimpiade. Namun masalahnya, konsep pictogram eSports yang diusulkan kok terlihat 'ga banget' ya!

Jika kamu mengikuti pagelaran olahraga berskala internasional seperti Olimpiade maupun Asian Games, maka pictogram merupakan sebuah logo atau penggambaran setiap cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ajang tersebut. Bisa berbentuk stick figure dengan pose olahraga tertentu, namun khusus cabang eSports, logo pictogram yang dipercaya bakal menjadi logo resmi ke depannya sangatlah tidak cocok atau sama sekali tidak menggambarkan esensi eSports, ataupun suatu cabang olahraga.

Logo pictogram tersebut nampak seperti orang yang sedang duduk dan ingin membanting laptopnya. Jika kamu perhatikan, sepertinya ini lebih cocok sebagai logo untuk perlombaan mengetik, atau bahkan mungkin seperti hantu yang kabur dari laptop. :P

Bila dibandingkan dengan yang lain, logo pictogram untuk eSports terlihat sangat aneh dan tidak 'atletis'. Pictogram lain bisa menunjukkan sisi olahraga mereka namun kenapa eSports hanya terlihat seperti orang yang sedang melakukan browsing internet?

Asian Games adalah multicabang terbesar kedua setelah Olimpiade, jadi kemunculan eSports dalam ajang ini sangatlah penting bagi masa depan eSports itu sendiri, meskipun hanya status demonstration sport dan tidak memperebutkan medali.

Namun dengan semakin dikenalnya eSports oleh masyarakat, maka penting juga bagi kita untuk memperhatikan hal-hal kecil seperti logo pictogram ini. Jika logonya saja berusaha membuat 'jarak' antara olahraga tradisional dengan eSports, bagaimana masa depannya bisa terjamin? 

Tapi, sobat eSports tenang saja, karena logo pictogram yang ditampilkan di atas hanyalah template, bukan pictogram official untuk cabang eSports di Asian Games 2018, ataupun di ajang-ajang ke depannya. Semoga pada tanggal 26 nanti kita bisa mendapatkan logo pictogram yang lebih 'layak' yah sobat eSports? Lagipula, melalui situs Olympic Council of Asia, ternyata sudah lebih dulu terpampang sebuah logo yang mewakili kategori olahraga Electronic Sports, sebagaimana terlihat di bawah ini.

 

Bagaimana menurut pendapat kamu? Apakah logo pictogram ini sudah bagus menurutmu? Ataukah kita perlu logo pictogram yang baru? Beri jawabanmu di kolom komentar yah sobat eSports!