Esports.ID

World Cyber Games Mundur Tahun Depan, Ganti Tuan Rumah!

MalZaHar
20/09/2018 11:55 WIB
World Cyber Games Mundur Tahun Depan, Ganti Tuan Rumah!
Urung Terselenggara di Bangkok, WCG 2019 Kembali ke Cina!

Awalnya sempat direncanakan untuk kembali terselenggara pada tahun 2018 dengan lokasi di Thailand, Smilegate Holdings sebagai pemilik baru brand World Cyber Games (WCG) mengurungkan niat tersebut dan memilih untuk perencanaan lebih matang tahun depan, serta memakai lahan baru di Cina.

Hari Rabu (19/9), Smilegate merilis pengumuman bahwa World Cyber Games (WCG) 2019, babak utamanya tanggal 18-21 Juli, terlaksana di kota Xi'an, Cina. Hal ini disampaikan setelah penandatanganan MOU dengan pihak Quijiang New District of Xi'an.

"Kami sedang mempersiapkan banyak cakupan program hiburan, di luar turnamen game, agar dapat kembali mengangkat dan menguatkan fondasi dari WCG sebagai festival eSports yang terdepan," ujar Kwon Hyuk-Bin, perwakilan dari Komite WCG. "Saya sampaikan rasa terima kasih kepada pemerintahan setempat (kota Xi'an) atas dukungannya terhadap misi WCG untuk memperlihatkan berbagai aspek kultur digital masa depan ke seluruh masyarakat dunia."

Di bulan November silam, Smilegate sempat memproklamirkan kebangkitan kembali dari WCG 2018 dengan menjadikan kota Bangkok sebagai tempat pelaksanaan babak utama World Cyber Games, yang sedianya berlangsung tanggal 26-29 April. Namun, pada bulan Februari tahun ini, dengan mempertimbangkan konsep penyisihan regional secara global, maka komite WCG pun menarik mundur jadwal pelaksanaannya hingga tahun depan.

Sejak pertama kali bergulir di tahun 2000, kemudian rutin dilaksanakan setiap tahunnya selama 13 tahun lamanya, hingga akhirnya 'menutup usia' di penyelenggaraan tahun 2013 silam, World Cyber Games (WCG) sempat menghias panggung eSports global dengan ragam kompetisi yang mempertemukan wakil-wakil terbaik dari seluruh negara peserta.

Kembalinya WCG juga memunculkan konsep serta motto baru yang kini mengedepankan acara sebagai 'Global eSports Festival for a Better World', dengan tujuan menyatukan ragam faktor hiburan seperti game dan musik, kombinasikan nilai positif olahraga tradisional dengan inovasi teknologi terbaru bagi kalangan gamer pecinta eSports, baik generasi kini maupun masa mendatang.

Kini, tidak hanya mengumumkan tuan rumah WCG 2019, telah dipastikan pula bahwa acara yang dulu kerap digadang sebagai 'Olimpiade bagi para gamer' ini bakal terselenggara antara tanggal 18-21 Juli 2019. Pemilihan tuan rumah WCG 2019 sepertinya berlatar pada alasan tempat penyelenggaraan Asian Games 2022 yang juga mengambil lokasi di Cina, di mana besar kemungkinan cabang eSports menjadi kategori olahraga resmi untuk dipertandingkan.

Dengan pernyataan dari Zhang Dazhong, CEO dari Alisports (penanggung jawab pelaksanaan Asian Games 2022 nanti), yang menyebutkan adanya imbauan untuk tidak mengikutsertakan cabang-cabang game berunsur kekerasan, maka peluang ke-6 game di Asian Games 2018 lalu sangat besar dapat kembali dimasukkan.

Tapi, sebagai ajang 'Olimpiade bagi Gamer', WCG tidak miliki fundalisme yang sama dengan pihak Alisports maupun IOC, sehingga jauh lebih bebas menentukan pilihan game untuk hadir di WCG 2019. Terlebih lagi, pihak Smilegate sudah lebih awal menetapkan Counter:Strike Global Offensive sebagai cabang game resmi di jadwal WCG 2018 (meski akhirnya diundur). Jadi, game apa saja yang bakal hadir di WCG 2019? Mampukah WCG kembali bersinar di kancah kompetisi global eSports ke depannya?