Esports.ID

Real Madrid Bangun Arena eSports di Stadion Bernabeu

MalZaHar
25/09/2018 14:19 WIB
Real Madrid Bangun Arena eSports di Stadion Bernabeu
Rencana Pemugaran Stadion Bernabeu Ungkap Arena eSports

Lama dinantikan, akhirnya Real Madrid menunjukkan keseriusan untuk terlibat dalam ranah eSports. Hal ini terungkap dalam paparan rencana pemugaran stadion Santiago Bernabeu, hari Minggu (23/9), yang memuat arena khusus untuk menggelar kompetisi game (eSports) dan segera memulai pembangunannya tahun depan.

Proyek pemugaran stadion kebanggaan tim berjulukan Los Galacticos ini kabarnya secara total akan menghabiskan biaya sebesar 525 juta Euro, atau sekitar 617 juta Dolar AS (senilai lebih dari 9 trilyun Rupiah). Dalam video konsepnya, nampak jelas sebuah area dalam stadion tersebut yang menampung panggung bagi dua tim professional gamer dengan layar monitor raksasa sebagai latarnya untuk memantau gameplay serta aksi para pemain.

Real Madrid sendiri bukanlah tim sepakbola elit dunia yang secara gamblang membeberkan ketertarikannya terhadap dunia eSports, malah mereka terkesan 'kolot' dengan konsep peralihan dari manajemen tim sepakbola tradisional ke ranah olahraga digital. Namun, mantan pemainnya, Alvaro Arbeola sudah lebih awal menanamkan modal pada sebuah tim eSports asal Spanyol, yakni Origen, untuk berlaga di kompetisi game League of Legends.

Terungkap juga bahwa pengadaan arena eSports di Santiago Bernabeu yang baru diharapkan dapat menunjang sisi pemasukan stadion dengan menggelar berbagai event dan kompetisi game. Bahkan, Real Madrid sudah mencanangkan estimasi pemasukan hingga 150 juta Euro (176,4 juta Dolar AS) per tahunnya, hanya dari panggung eSports tersebut.


Paparan rencana serupa juga sempat mencuat dari klub sepakbola top asal Inggris, yakni Tottenham Hotspur yang dirilis tahun lalu, dengan konsep gelaran turnamen eSports di stadion baru milik klub yang dibela Harry Kane ini, selain acara musik dan NFL.

Bila nantinya, setelah pemugaran berhasil dan arena eSports di stadion milik Real Madrid telah dibuka, apakah langkah berikutnya adalah membuka divisi eSports dari ragam game binaan klub sepakbola pemegang trofi juara Champions League terbanyak ini? Semoga saja! Dan siapa tahu kita bisa menonton turnamen eSports, sekaligus kesempatan menonton di stadion kebanggaan Los Galacticos? Seru ya pastinya!