Esports.ID

Meneropong Potensi Streamer di Industri eSports Indonesia

Rendy Lim
02/10/2018 10:26 WIB
Meneropong Potensi Streamer di Industri eSports Indonesia
Game Streamer

Meski hanya berstatus pertandingan ekshibisi di Asian Games 2018, Jakarta - Palembang, kehadiran eSports jelas memperlihatkan potensinya untuk berkembang. Kabar baiknya, Indonesia memiliki banyak peminat dan atlet berbakat, bahkan untuk skala dunia, negara kita di peringkat 16 dalam peringkat pasar eSports sendiri. 

Perkembangan dunia eSports itu sendiri tidak lepas dari berbagai upaya para individu dan organisasi yang terlibat di dalamnya. Mulai dari pro player, tim-tim eSports, penyelenggara turnamen, hingga tren yang populer saat ini yakni game streamer.

Ryan 'superNayr' Prakasha

Menurut salah satu game stremer yang sedang populer saat ini, Ryan Prakasha, atau lebih dikenal dengan superNayr, menjadi seorang game streamer adalah hal yang menyenangkan baginya. Karena mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobi tidaklah mudah untuk diwujudkan. Hasil sebagai game streamer juga tidak dapat dipandang sebelah mata, sehingga dirinya percaya bahwa profesi ini dapat membawa perkembangan positif bagi industri eSports, khususnya di Indonesia

Selain itu, dukungan dari platform-platform penyedia live streaming adalah kunci utama perkembangan karir game streamer. Salah satunya adalah Nimo TV, platform game streaming global ini meyakini bahwa game streamer bisa memberikan kontribusi dalam perkembangan eSports dan menjadikan platformnya sebagai wadah berkembangnya para game streamer untuk mencapai mimpi-mimpi mereka. 

Kevin Raharja, Head of Marketing Huya Limited untuk Nimo TV Indonesia mengatakan bahwa interaksi antar para pro player dengan komunitas pencinta gamer merupakan modal awal untuk berkembangnya industri gaming serta eSports di Indonesia. Maka dari itu, kehadiran Nimo TV diharap bisa membuka kesempatan untuk melakukan interaksi tersebut, dan bisa menjadi proses pembinaan atlet eSports di Indonesia

Kendati perkembangan eSports cukup cepat, masih diperlukan perubahan pola pikir masyarakat tentang eSports itu sendiri sebelum bisa diterima oleh khalayak luas. Membangun profesi yang berkaitan dengan industri eSports di ekosistem yang tepat salah satunya seperti game streamer bisa bantu mengubah sudut pandang tersebut.

Bagaimana menurut sobat eSports? Apakah game streamer bisa berkontribusi dalam perkembangan industri eSports di Indonesia?