Esports.ID

Iseng Kualifikasi, Bocah Ini Kalahkan Juara Dunia Tetris!

Rendy Lim
24/10/2018 11:24 WIB
Iseng Kualifikasi, Bocah Ini Kalahkan Juara Dunia Tetris!
Classic Tetris World Championship

Sobat eSports pasti tahu dong apa itu Tetris? Game jadul satu ini mungkin menjadi bagian dari masa kecil kamu ataupun orang tuamu. Eksistensinya yang sudah berlangsung selama 30 tahun masih membuat game ini bertahan walau sudah banyak game-game populer nan canggih di luar sana. 

Turnamennya pun masih terus diadakan setiap tahunnya sebagai bukti bahwa masih banyak peminatnya. Namun hal yang cukup mengejutkan terjadi dalam Classic Tetris World Championship tahun ini. Kejutan tersebut ditunjukkan oleh seorang bocah berusia 16 tahun yang gaya permainannya bahkan menyaingi veteran-veteran dalam turnamen tersebut. 

Dia adalah Joseph Saelee, meskipun umurnya dua kali lebih muda dari pada Tetris (NES Tetris, game yang dipertandingkan dalam Classic Tetris World Championship) itu sendiri, namun skill yang ditunjukkan olehnya berujung kemenangan pada kejuaraan yang diadakan di Portland, Oregon pekan lalu. 

Saelee bahkan mengalahkan tujuh kali juara dunia TetrisJonas Neubauer dengan skor 3-0 pada pertandingan final. Pertandingan terakhir begitu epik ketika Jonas mampu memimpin cukup jauh namun tetap harus mengakui kekalahannya setelah Saelee berhasil mengejar ketertinggalan poinnya. 

Kemenangan Saelee dalam Tetris World Championship adalah kemenangan besar pertamanya sejak bermain Tetris, mengingat masih belum terlalu lama dirinya memainkan game tersebut. Neubauer adalah pemain favorit dalam kompetisi tersebut dengan memperoleh 7 dari 8 kompetisi world championsip Tetris yang telah diadakan. Sebelumnya, Neubauer hanya kalah sekali saat melawan Harry Hong yang terkenal dengan mencetak score 999.9999 di tahun 2009, pada kejuaraan tahun 2014 silam. 

Biasanya dalam turnamen eSports, sebuah game akan terus diperbaharui oleh developer untuk menyesuaikan tren dan mencari gaya permainan yang 'sempurna' agar tetap menarik. Berbeda dengan Tetris, NES Tetris tidak berubah banyak dan tampaknya akan terus eksis bersama dengan para pemainnya, terlebih dengan kemenangan dari Saelee yang akan membawa angin baru dalam kompetisi Tetris. 

Jonas Neubauer - Joseph Saelee - Harry Hong

Bagaimana menurut pendapat  sobat eSports? Kamu masih mengikuti permainan Tetris?