Smartfren

Football Manager 2019 dan Masa Depan Esports yang Cerah!

MalZaHar
15/11/2018 14:07 WIB
Football Manager 2019 dan Masa Depan Esports yang Cerah!
Sports Interactive Klaim FM19 adalah Seri Game Terbaiknya

Bermain sepakbola secara fisik maupun virtual sama-sama menyenangkan, tapi mungkin lama-lama akan terasa melelahkan, bahkan membosankan. Salurkan hobi bermainmu sembari asah kemampuan manajerial dengan mengasuh tim sepakbola besutanmu sendiri via Football Manager 2019!

Telah lama menjadi pilihan game bagi para penyuka olahraga sepakbola dan gamer hardcore, seri anyar dari franchise Football Manager besutan Sports Interactive telah rilis dengan ragam fitur baru dan perkembangan paling gres, termasuk mengembangkan fitur multiplayer yang selama ini diharapkan komunitas playernya.

Sports Interactive sendiri mengungkapkan bahwa mereka telah mengimplementasikan perubahan besar sebagai hasil feedback yang diterimanya dari masukan player, dan berkomitmen untuk menjadikan Football Manager 2019 sebagai seri yang terbaik dari franchise miliknya.

"Mode yang paling meningkat kepopulerannya adalah Fantasy Draft, sementara Career Mode masih menjadi fitur permainan single-player yang terpopuler," ungkap Miles Jacobson, selaku Studio Director dari Sports Interactive kepada The Express Online. "Sama seperti bermain game online melawan temanmu, tapi kamu tidak menangani klub besar, jadi hampir mirip modelnya dengan Fantasy Football."

Ditambahkan bahwa mode Fantasy Draft (multiplayer) juga menjadi fitur yang berkembang paling pesat dibandingkan fitur lain selama keberadaan seri Football Manager. Sehingga pihak developer pun mulai melihat arah baru yang ingin mereka capai yakni mengembangkan mode kompetitif untuk ke depannya.

"Saya tak yakin suatu game bisa begitu saja mengklaim diri sebagai esports, tapi harusnya komunitas yang bisa menentukan apakah mereka layak esports, atau tidak," tandas Miles. "Dan, saya juga meyakini bahwa kita akan segera melihat banyak perkembangan ke ranah esports dalam beberapa tahun lagi."

Baiklah, setidaknya sang pengembang, Sports Interactive, sudah memberikan komitmen mereka pada fitur-fitur pendukung esports untuk seri Football Manager. Memang tidak akan terjadi di FM19, namun bisa dibilang masa depan dari fans esports di Football Manager tampaknya bakal cerah.

Football Manager 2019 kini sudah tersedia via Steam, dan masih akan tetap eksklusif PC untuk beberapa waktu ke depan, dengan pertimbangan bahwa menjaga 'kemurnian' permainan FM19 di satu platform saja. Meski kenyataannya versi game untuk tablet maupun mobile tersedia pula untuk berbagai kalangan gamer.


Versi game bertitel Football Manager 2019 Touch dapat dimainkan di PC, Mac, iOS dan Android (high-ends), sedangkan edisi Football Manager 2019 Mobile khusus user perangkat mobile menengah ke bawah.

Perilisan FM19 secara utuh akan mencakup new match engine dan update database untuk info player terbaru, agar bisa mencerminkan perkembangan terkini dalam dunia persepakbolaan. Termasuk akses menuju Steam Workshop, lengkap dengan fitur pre-game dan in-game editors.

Kabar baik lainnya bagi para fans Football Manager adalah mereka yang telah mulai bermain Career Mode di masa pre-release (Beta) akan tetap meneruskan permainan (campaign) terakhir mereka.