Esports.ID

Asupan Makanan dan Nutrisi Sehat Bagi Atlet Esports

Billy
06/11/2018 10:44 WIB
Asupan Makanan dan Nutrisi Sehat Bagi Atlet Esports
Esports.ID

Bayangan untuk menjadi atlet esports tidak akan seindah atau semudah yang kamu impikan. Selain giat berlatih, tiap gamer profesional juga perlu asupan gizi yang sesuai dan memadai untuk menjaga stamina bahkan meningkatkan kemampuannya. Tak heran beberapa tim profesional memakai jasa ahli gizi guna menjaga level kesehatan para pemainnya.

Tapi tidak perlu mahal-mahal menyewa jasa konsultan gizi, di artikel ini akan kita kasih tahu makanan apa saja yang cocok untuk menopang nutrisi para atlet esports.

Kita mengetahui setidaknya para gamer pro tersebut harus memiliki kemampuan berkonsentrasi yang tajam dan stabil, mata awas serta sehat, kemudian kesehatan syaraf-syaraf dalam mengirim sinyal dari mata ke otak lalu tangan yang terkordinasi secara lancar. Bila beberapa elemen tersebut tercukupi dengan adanya asupan makanan dan nutrisi gizi sehat akan mampu menopang gamer manapun agar bisa mencapai puncak performanya.

Beberapa dari kamu mungkin beranggapan secangkir kopi atau teh di pagi hari bisa awali harimu lebih fokus baik saat bekerja maupun melakukan aktivitas sehari-hari, namun itu saja belum akan cukup memastikan kinerja otak secara maksimal. Coba deh, mungkin kamu cocok dengan menu sarapan di bawah ini:

1. Oatmeal, sarapan rendah kalori yang bikin kamu merasa kenyang lebih lama sehingga bisa fokus berlatih lebih lama. Bisa pula kombinasikan dengan buah atau kayu manis sebagai penambah rasa dan kesegaran.

2. Coklat Hitam, alih-alih minum kopi coba kamu siapkan secangkir coklat hitam hangat yang padat kandungan serotonin dan endorfin, konon bisa meningkatkan daya konsentrasimu. Bahkan, studi membuktikan bahwa orang yang minum dua gelas coklat hitam sehari selama satu bulan memberi hasil jauh lebih baik dalam tes memori.

3. Telur, simpel kan karena memang sudah lazim kamu konsumsi setiap harinya. Menyantap telur di pagi hari bisa membantumu jaga konsentrasi karena mengandung kolin, terutama di bagian kuningnya. Bisa disajikan menjadi telur mata sapi yang sederhana, atau dijadikan sandwich. Buat yang demen roti isi, kamu bisa pula mengganti telur dengan selai kacang yang juga tidak kalah mujarabnya sebagai stimulus kinerja otak karena mengandung vitamin E dan tiamin yang mengubah glukosa menjadi energi.

Selanjutnya, asah kordinasi mata dan tangan dengan mengkonsumsi makanan berikut yang cocok juga jadi menu makan siang atau diet rutin loh!

1. Bayam, sayuran super yang mengandung antioksidan dan mampu memperlambat proses penuaan sistem saraf. Ini penting bagi atlet agar memiliki karir yang lebih panjang karena kinerja syaraf mereka tetap tajam berkat memakan bayam. Lazimnya akan kamu konsumsi sebagai menu sayur, namun bisa pula tersaji dalam bentuk jus bersama dengan sayuran sehat lain.

2. Buah berry, banyak macamnya yang memang baik untuk dikonsumsi. Manfaatnya di antara lain kaya antioksidan dan flavonoid. Namun jenis buah beri seperti blueberry, cranberry, strawberry, bahkan anggur (termasuk red wine) bisa menjadi pilihan menyehatkan serta menjaga kinerja saraf para atlet esports, asal jangan terlalu banyak yah! Kamu bisa variasikan penyajian buah ini dalam bentuk kue rendah gula atau di-jus bersamaan. Beberapa alternatif buah lainnya adalah delima, pisang dan apel.

3. Sarden, cukup digemari karena dagingnya yang tebal dan tulang yang sedikit. Banyak juga jenis ikan sarden kalengan yang sangat praktis untuk dikonsumsi para gamer yang tinggal di gaming house. Kandungan sarden cukup bervariasi mulai dari omega-3, vitamin, dan mineral yang penting untuk fungsi syaraf bahkan dapat membantu mengontrol gula darah bila kamu sering mengkonsumsi minuman ringan yang berkadar gula tinggi.

Tak lupa yang sama pentingnya adalah jaga kesehatan mata karena atlet esports akan terus berinteraksi dengan layar monitor. Kerennya, makanan-makanan ini tidak cuma bisa disajikan sebagai pendamping makan siang tapi juga cocok jadi cemilan seusai bertanding, atau saat party ranked bersama temanmu!

1. Blewah, buah yang populer menjelang bulan puasa ini ternyata punya banyak manfaat. Selain mengandung lutein yang bagus untuk mata, kalorinya juga sangat rendah sehingga bagus guna menjaga diet dari para atlet. Asal jangan terus-terusan dijadikan es buah ya guys karena terlalu banyak gula akan membahayakan kadar gula darahmu.

2. Wortel dan Kol, kombinasi sayur terbaik untuk mata. Bisa dicampur dalam menu sayuran layaknya salad ala restoran atau dijadikan jus sayur. Kandungan beta-karoten wortel akan diubah jadi vitamin A dalam tubuh. Sementara kol cukup krusial bagi fungsi visual para atlet karena kandungan lutein dan zeaxanthin-nya memiliki fungsi proteksi terhadap mata. Seolah nutrisi dari kol akan menciptakan "kacamata" yang melindungi retina dari pancaran sinar ultraviolet. Mengkonsumsi kol bahkan mampu menurunkan resiko terkena katarak sampai 22%.

3. Pepaya, selain bagus untuk pencernaan, manfaatnya bisa mencegah kerusakan dan peradangan selaput lendir mata akibat kerja eksesif dari kalian para atlet esports yang terus-terusan menatap layar komputer atau mobile. Itu semua berkat kandungan flavonoid dan vitamin A dalam pepaya yang cukup melimpah. Pepaya bisa ditemukan cukup mudah, banyak penjual buah keliling ataupun pasar menjajakan pepaya dan kamu bisa simpan di lemari es. Enak dilahap langsung atau sambil dirujak.

Itu dia guys beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga tubuhmu fit. Tidak cuma menyehatkan, makanan tersebut akan membantu kamu menjaga performa terbaik agar bisa push ranked terus dan akhirnya menjadi profesional sungguhan! Hidup sehat, gamer hebat! ^_^