Esports.ID

Esensi Kesehatan Mata di Esports, Cegah Kerusakan Dini

Billy
20/12/2018 11:17 WIB
Esensi Kesehatan Mata di Esports, Cegah Kerusakan Dini
The Urban Twist

Gaya hidup sehat belakangan makin disadari sebagai bagian penting bagi atlet esports. Selain pola makan teratur dan bergizi, penting juga untuk menjaga kesehatan mata. Karena mata yang sehat dan berfungsi baik adalah aset utama bagi para atlet digital karena fungsi visual begitu penting menangkap segala informasi lewat layar monitor, kemudian tersalur melalui gelombang syaraf yang berhulu di otak dan diteruskan jadi sensor motorik sebagai tindakan respon yang bermula dari sebuah penglihatan.

Sayangnya, aset sepenting ini juga termasuk paling rentan terancam degradasi fungsi prematur. Aktivitas gaming yang mengharuskan kita sebagai pemain menatap layar monitor, terlebih bagi pemain profesional, bisa dalam waktu yang lama (8-12 jam). Beberapa dampak negatif yang bisa menjangkiti kamu bila tak menjaga kesehatan atau terlalu memforsir kinerja mata ketika bermain game di antaranya mata gatal, mata kering, pusing, penglihatan yang kabur, hingga susah fokus.

Untuk itulah, kamu wajib menjaga mata sebagai aset utamamu berkiprah di scene esports. Beberapa cara yang cukup manjur antara lain:

- Tidak memaksa mata untuk bekerja berlebihan. Dengan pola latihan teratur disertai istirahat yang cukup bisa menormalkan kerja otot mata yang tegang ketika berlatih maupun bertanding. 

- Dukung dengan makanan bernutrisi seperti sayuran yang kaya vitamin untuk menguatkan fungsi mata agar tahan lama dan tetap sehat.

- Saat latihan maupun turnamen, upayakan atur resolusi dan posisi monitor, cahaya ruangan dalam kadar sesuai. Jangan terlalu gelap atau terlalu terang karena memaksa mata untuk berkontraksi terlalu keras, akibatnya fleksibilitas otot jadi berkurang. Posisi terbaik untuk mengatur monitor adalah bagian atas monitor sejajar dengan matamu, penempatan jarak monitor sekitar 18-30 inci atau sekitar 70-an cm. Monitor juga sebaiknya direbahkan sedikit 15 derajat ke belakang atau tergantung preferensi pribadi. Hal ini ditujukan untuk menghindari agar cahaya dari lampu tak memantul dan turut mengarah ke mata.

Menjaga mata sangat penting bila kamu ingin memiliki karir esports yang lebih panjang, dan membantumu bermain lebih baik bahkan kamu bisa mendeteksi kelainan dini yang mungkin terjadi pada mata. Beruntung beberapa perangkat khusus seperti monitor mulai menerapkan teknologi canggih yang lebih ramah mata. Tapi semoga kita bisa merawat semua aset dalam tubuh kita tetap sehat hingga tua nanti yah!