KOI: Indonesia 'Harus' Dua Emas di Esports SEA Games 2019

Rendy Lim
31/01/2019 13:56 WIB
KOI: Indonesia 'Harus' Dua Emas di Esports SEA Games 2019
SEA Games 2019

Suksesnya ekshibisi esports di Asian Games 2018, Jakarta - Palembang tahun lalu menjadi pembuktian bahwa kompetisi gim merupakan cabang olahraga yang pantas mendapatkan pengakuan komite Olimpiade. Tahun ini, dalam perhelatan SEA Games 2019, esports kembali dipertandingkan sebagai cabang olahraga dan bakal memperebutkan medali.

Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Hellen Sarita Delima menegaskan bahwa Indonesia harus dapat memperolah minimal 2 medali emas dalam cabang esports di SEA Games 2019 akhir tahun nanti. Pernyataan tersebut diungkapan Hellen pada saat pembukaan Indonesia Esports League (IEL) University Series 2019, kemarin (30/1). 

Esports.ID Fanpage Facebook

Target tersebut, menurut Hellen, cukup realistis bila melihat nomer-nomer yang dipertandingkan dalam SEA Games nanti. Keyakinannya dengan kemampuan para atlet esports Indonesia maka dirinya percaya bahwa target 2 medali emas dapat direalisasikan. 

Kiri: Ketua IESPA Eddy Lim, Kanan: Menpora Imam Nahrawi

Di lain kesempatan, Ketua IESPA Eddy Lim, memaparkan enam nomer esports yang akan dipertandingkan di ajang SEA Games 2019, yakni DOTA 2, Mobile Legends, Tekken 7, AOV, StarCraft 2, dan NBA2K19. Namun, pilihan gim terakhir (NBA2K19 - red) masih menjadi perdebatan antara negara peserta karena banyak yang meminta untuk diganti nomer lain.

Menurut penuturan Eddy Lim, Indonesia memiliki peluang terbesar untuk membawa pulang medali emas dari cabang DOTA 2 dan Tekken 7, sementara harapan berikutnya datang dari nomer AOV dan Mobile Legends

Demi mencapai target tersebut, nantinya dalam pelatnas esports SEA Games akan mencakup ragam pelatihan mulai dari fisik hingga konsentrasi. Eddy Lim menjelaskan bentuk pelatihannya antara lain latihan pernapasan guna membantu ketenangan hingga kemampuan atau skill melalui tryout

Bagaimana menurut sobat esports, seberapa besar peluang tim Indonesia nantinya untuk memperoleh medali emas di SEA Games 2019 dari cabang esports? Berikan saran juga terkait pemain-pemain yang menurut kamu pantas untuk mewakili Indonesia dari masing-masing nomer dan cabang gim yang dipertandingkan ya!