IEL University Series, Seleksi SEA Games Berhadiah 1M Rupiah!

MikeApalah
31/01/2019 12:07 WIB
IEL University Series, Seleksi SEA Games Berhadiah 1M Rupiah!
Esports.ID

Pemerintah terus menunjukkan perhatian serius dengan perkembangan dunia esports tanah air. Setelah awal minggu ini mengumumkan dua ajang bergengsi Piala Presiden Esports dan Piala Menpora 2019, sekarang giliran Indonesia Esports League (IEL) University Series 2019 dipastikan segera berlangsung.

Mendapat dukungan penuh dari Kemenpora, KOI, FORMI, dan IESPA, IEL University Series 2019 menjadi ajang pencarian bibit muda atlet esports tanah air. Kegiatan ini akan diikuti 12 universitas terpilih dan siap memperebutkan hadiah senilai 1 miliar Rupiah.

Esports.ID Fanpage Facebook


Harry Kartono Menjelaskan Ekosistem Esports Tanah Air

Syarat utama untuk memajukan esports di tanah air adalah mengubah paradigma tradisional orang tua dan institusi pendidikan terhadap esports, sehingga mereka turut mendukung pembinaan talenta-talenta berbakat,” ujar Harry Kartono, selaku Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS.

Dua gim populer, Mobile Legends dan DOTA 2 terpilih menjadi cabang yang akan dipertandingkan dalam IEL University Series 2019. Popularitas dan besarnya komunitas tentu menjadi pertimbangan pemilihan kedua gim tersebut, selain faktor dua gim ini juga menjadi cabang resmi di SEA Games 2019 mendatang.

Sebanyak 12 kampus terpilih akan melakoni babak penyisihan secara online mulai Januari hingga Maret 2019 untuk mencari 4 tim terbaik dari masing-masing cabang yang akan bertanding di babak semifinal dan final pada akhir April 2019, bertempat di LigaGame Arena.

Kompetisi IEL University Series 2019 ini sejalan dengan salah satu tujuan dibentuknya IESPA, yakni menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat sekaligus mendorong komunitas dan industri esports di Indonesia. IESPA harapkan dari kompetisi ini adalah kemunculan bibit unggul yang bisa berprestasi di kancah esports”, tutur Eddy Lim, Presiden IESPA. “IEL University Series 2019 juga akan menjadi bagian dari seleksi pemain untuk masuk pelatnas SEA Games 2019 mendatang. Ajang ini juga terbuka untuk pemain profesional, selama terdaftar dan mewakili universitas masing-masing.

Peserta IEL University Series 2019:

Universitas Bina Nusantara (Jakarta)
Universitas Tarumanegara (Jakarta)
Universitas Trisakti (Jakarta)
Universitas Indonesia (Depok)
Universitas Bunda Mulia (Jakarta)
Universitas Multimedia Nusantara (Tangerang)
Universitas Kristen Maranatha (Bandung)
Universitas Kristen Petra (Surabaya)
Universitas Dian Nuswantoro (Semarang)
Universitas Pembangunan Nasional Veteran (Surabaya)
Universitas Ciputra (Surabaya)
Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)

MIX 360 ESPORTS sebagai penyelenggara IEL University Series 2019 juga menggandeng beberapa figur esports, antara lain seperti Farrand “Koala”, Yosua “Kido”, Clara Mongstar, dan MegaKiss yang menjadi duta perhelatan acara.