Tutup IEG 2018, PKPI Tegaskan Program untuk Esports!

basittt
28/01/2019 13:46 WIB
Tutup IEG 2018, PKPI Tegaskan Program untuk Esports!
Diaz Hendropriyono - Ketua Umum PKPI

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Diaz Hendropriyono, resmi menutup babak grand final dari Indonesian eSports Games (IEG) 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC). Dalam pidato penutupannya, Diaz menegaskan komitmen PKPI dalam mendukung atlet maupun industri esports.

"Dukungan PKPI terhadap eSports bukanlah sekadar omongan. Kita menjadi satu-satunya partai yang memiliki Departemen eSports yang sudah diluncurkan pada September 2018 lalu. Dan kini, kita sukses menyelenggarakan turnamen eSports berskala nasional," tegas Diaz.

Menurutnya, PKPI akan fokus memperjuangkan hak-hak atlet esports yang selama ini masih terabaikan. Dalam hal ini, atlet esports seharusnya bisa cantumkan profesinya di kolom pekerjaan pada Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau Surat Izin Mengemudi (SIM).

Termasuk pemberian visa khusus untuk atlet esports asing yang hendak bertanding ke Indonesia. Selain itu, PKPI juga akan mendorong hal-hal lain termasuk jaminan hari tua atau pensiun bagi para atlet esports, pembangunan stadion esports bertaraf internasional di setiap provinsi, dan keikutsertaan esports sebagai cabang resmi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON).

Namun hal yang paling penting adalah komitmen PKPI dalam mempersiapkan RUU Esports.

"Jika PKPI duduk di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), kita akan memperjuangkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Keolahragaan Elektronik (eSports) yang terpisah dari UU Nomor 3 Tahun 2015, tentang Sistem Keolahragaan Nasional. RUU tersebut akan menjadi jawaban atas permasalahan yang dialami oleh atlet maupun industri eSports Indonesia," tutup Diaz.

Babak grand final IEG 2018 sendiri merupakan puncak dari turnamen yang telah berlangsung semenjak September 2018. Terdapat lima (5) cabang eSports yang dipertandingkan dan satu (1) cabang ekshibisi, yakni DOTA 2 yang dimenangi oleh PG Orca.

Sementara itu, pemenang dari kelima cabang utama adalah Tommy Sugiarto dari Tekken 7, Boom ID dari CS:GO, Capcorn dari Point Blank, Bigetron dari PUBG Mobile, dan Boom ID dari Mobile Legends.