Esports.ID

EZ Money, Para Atlet & Artis Mancanegara Investasi di Esports

Billy
02/01/2019 15:15 WIB
EZ Money, Para Atlet & Artis Mancanegara Investasi di Esports
cnbc.com

Bukan hal baru bila mengatakan industri esports mendatangkan keuntungan cukup besar bagi sebagian orang. Contohnya, pemain bisa mendapatkan ratusan ribu dolar sebagai hadiah kemenangan turnamen. Ini pula yang berada di benak para investor, apalagi mereka yang memiliki latar belakang olahraga maupun hiburan seperti beberapa artis dan atlet berikut ini.  Hidung oportunis mereka mengendus aroma kekayaan melakukan investasi di esports. Siapa saja mereka?

- DRAKE

Rapper bernama asli Aubrey Graham ini memutuskan untuk berkolaborasi dengan Scooter Braun, manajer yang kerap mewakili Justin Bieber dan Ariana Grande, dalam bentuk investasi ke tim esports bernama 100 Thieves. Kerjasama ini menjadikan Drake sebagai salah satu co-owner dari 100 Thieves yang berkompetisi di ranah Call of Duty dan League of Legends.

Drake sendiri bukanlah orang asing dalam dunia game, pelantun lagu "Hotline Bling" ini pernah berkolaborasi dengan streamer kenamaan, Tyler "Ninja" Blevins. Keduanya bermain Fortnite dan menarik atensi lebih dari 635.000 concurrent viewer di Twitch.

- MICHAEL JORDAN

Pebasket legendaris satu ini tampaknya tak ingin jauh-jauh dari olahraga. Namun bukan kembali merumput dalam investasi di NBA melainkan jadi stakeholder di aXiomatic Gaming, yang salah satunya menaungi Team Liquid. Jordan beralasan investasi di esports akan berkembang sangat cepat sebagai industri global.

Menurut Forbes, kekayaan Jordan saat ini mencapai 1,7 milyar USD. Meski memiliki ekonomi melimpah, dia tetap membuka sayap dan aktif dalam investasi di mana-mana terutama perihal olahraga dan teknologi.

- STEPHEN CURRY, ANDRE IGUODALA, & KEVIN DURANT

Tak cuma legenda Michael Jordan yang terjun ke bisnis esports, pemain yang masih aktif sekalipun seperti Curry, Iguodala hingga Durant telah menanamkan saham di industri olahraga elektronik. Curry dan Iguodala adalah partner di lapangan maupun bisnis startup sejak pertengahan 2018 lalu. Pada bulan Juli, mereka menginvestasikan uang senilai 37 juta USD untuk TSM (TeamSoloMid) yang berkiprah di League of Legends dan Fortnite.

Durant tak ketinggalan mengembangkan minat investasinya dengan bantuan dari mantan pemain NBA Rick Fox yang menaungi tim Echo Fox. Bersama dengan pemilik saham lainnya, mereka menggelontorkan dana hingga 38 juta USD untuk Echo Fox  bisa bersaing di Leaue of Legends, Call of Duty, CS:GO, Street Fighter V, dan titel lainnya.

Di Indonesia pun ga ketinggalan loh, beberapa artis mulai terjun menginvestasikan kekayaannya ke bisnis yang masih tergolong baru dan beresiko. Contohnya :

- REZA 'Arap' OKTOVIAN

Seorang content creator yang super kreatif ini punya kilas balik dengan dunia gim. Sampai pada titik dia ingin kembali meneruskan cita-citanya membuat satu organisasi esports dan sukses dari sana. Sejauh ini, We Against The World atau WAW sudah cukup mengerikan meski baru eksis dalam waktu yang singkat. Arap tak ragu melakukan scouting dan merekrut pemain terbaik untuk bergabung dalam skuadnya. Yang paling penting, tiap pemain harus punya mimpi sama untuk menaklukkan dunia.

- GIRING GANESHA

Mantan vokalis dari grup band Nidji sudah bertransformasi meninggalkan imej anak band menjadi sosok politikus. Namun berkat kesuksesan yang dia raih selama ini, dia membuka diri dan menaruh investasi baru di antaranya dengan membuat perusahaan media online hingga mewadahi turnamen esports bertajuk IESPL.

Giring mengasosiasikan dirinya sebagai perwakilan dari anak-anak muda yang harus punya inovasi, berani mengambil resiko, dan bercita-cita tinggi. Tentu dengan gabungan kekuatan politiknya kelak, ditambah media dan kecintaannya terhadap gim, Giring punya potensi bukan cuma sebagai pebisnis esports, tapi tokoh esports yang berpengaruh.

Kamu siap mengikuti jejak mereka berinvestasi di esports guys?