Esports.ID

Fusion Arena, Wahana Esports Bernilai 700 M & Siap Pakai 2021!

MalZaHar
26/03/2019 12:03 WIB
Fusion Arena, Wahana Esports Bernilai 700 M & Siap Pakai 2021!
'Rumah Istimewa' bagi Tim Profesional dan Fans Esports

Banyak pihak menyikapi tren positif perkembangan esports dewasa ini dengan pemikiran jauh ke depan. Faktor esensial yang bakal tak terpisahkan dari pertumbuhannya adalah infrastruktur atau sarana fisik memadai, seperti misalnya sebuah dedicated arena yang mampu memfasilitasi ragam kebutuhan dalam penyelenggaraan event maupun turnamen gim ke depannya.

Bahkan di Indonesia, kita sudah melihat pihak-pihak yang mulai bergerak ke arah demikian. Namun, apakah ada di antara mereka akan mampu se-total dari pemilik tim profesional Overwatch, Philadelphia Fusion?

Perusahaan pemiliknya adalah Comcast Spectator, yang juga berkecimpung di kompetisi pro hoki es (Philadelphia Flyers). Dalam postingan terbarunya, via Twitter, Philadelphia Fusion mengumumkan rencana pembangunan wahana esports yang bakal diberi nama Fusion Arena.


Proyek pembangunannya sendiri konon akan menghabiskan dana sekitar 50 juta dolar AS (lebih dari Rp.700 milyar), dan berlokasi di kawasan selatan kota, tepatnya area Philadelphia Sports Complex. Gedung megah yang berdiri di atas lahan seluas 60.000 kaki persegi ini nantinya mampu tampung sekitar 3.500 orang.

"Kami bahagia bisa memperkenalkan wahana istimewa yang menandakan langkah maju kami dalam tahapan pembangunan selanjutnya di Philadelphia Sports Complex," ujar Dave Scott, Chairman & CEO of Comcast Spectator, via NBCSports. "Fusion Arena layaknya venue terbaik dan 'rumah' bagi para fans esports untuk bisa mereka banggakan. Tidak sekedar turnamen gim, wahana ini juga akan memberi fasilitas mumpuni bagi penyelenggaraan ragam event"

Pihak pengembang telah memastikan bahwa mega-proyek 'Fusion Arena' ini akan siap memfasilitasi ragam kegiatan esports, termasuk sebagai 'rumah' bagi sejumlah tim profesional setempat dari berbagai cabang olahraga lainnya, mulai tahun 2021.

"Fusion Arena akan mematok standar tertinggi untuk kompetisi pro gamer, dan hadir pertama di salah satu kawasan olahraga dan hiburan terbesar di negara ini, dalam jangkauan para tim profesional di Philadelphia," tutur Blake Cordish, perwakilan dari The Cordish Companies, pengembang Fusion Arena yang juga membangun Xfinity Live! di kawasan yang sama.

Pada pemaparan awalnya, Fusion Arena menyediakan banyak ruang latihan bagi tim-tim profesional dari berbagai cabang olahraga dan gim, plus broadcast studio, serta tentunya kantor perwakilan setiap tim.

"Ini merupakan langkah besar untuk esports," tutur Nate Nanzer, Overwatch League Commissioner, dilansir dari InvenGlobal. "Sesuatu yang bakal sering kita lihat kemudian hari di seluruh dunia."

Apakah konsep esports-stadium bakal cocok untuk direalisasikan di negara kita? Saatnya beranjak dari model 'mall-esports'?