WCG Rilis Info Detil Pelaksanaan dan Cabang Gim Resmi!

MalZaHar
06/03/2019 14:28 WIB
WCG Rilis Info Detil Pelaksanaan dan Cabang Gim Resmi!
Ajang Klasik dengan Gim Lawas, WCG Masih Hype?

Secara bertahap, World Cyber Games (WCG) perlahan mulai buka tabir pelaksanaan ajang klasik bagi para gamer pro unjuk kualitas di mata penikmat esports. Berita kemunculannya kembali dicetuskan pertama kali di tahun 2017, kemudian hilang tak berkabar sampai pastikan jadwal yang molor hingga tahun 2019, dan pindah lokasi ke Cina (kota Xi'an - Grand Final).

Baru di medio Februari lalu, WCG secara intens mulai merilis info-info baru terkait ajang berlabel 'Global Esports Festival for a Better World' ini kepada publik. Termasuk di antaranya deretan gim resmi yang bakal dipertandingkan. DOTA 2 adalah gim pertama yang masuk daftarnya, lalu berurutan Honor of Kings, Clash Royale, Warcraft III: The Frozen Throne, Hearthstone, dan Crossfire.

TGIF PUBG Mobile

Sesuai janji awalnya, semua rincian terkait peraturan dan format pelaksanaan turnamen, baik yang skala nasional, regional, maupun babak utamanya akhirnya telah dirilis pada hari Minggu (4/3) kemarin. Berikut ini info detil pelaksanaan dan cabang gim resmi untuk perhelatan WCG 2019 di Xi'an City, Cina!

Pengelompokkan Cabang Gim Resmi di WCG 2019!

Dari ke-6 cabang gim resmi yang sudah diumumkan via situs resminya, WCG akan membaginya ke dalam dua kategori gim, yakni Global Qualifiers dan Host Country / Global Invitation.

Global Qualifier, akan mencakup gim-gim resmi seperti DOTA 2, Clash Royale, Hearthstone, dan Warcraft III: The Frozen Throne. Kategori ini menerima peserta dari hasil kualifikasi di masing-masing negara, lalu regional, untuk berlaga di babak Grand Final.

Sementara, kategori Host Country / Invitational Games (Honor of Kings & Crossfire), hanya mempertandingkan peserta dari kualifikasi di Cina, ditambah tim undangan (invited teams). Sehingga, meski tidak menutup kemungkinan untuk diikuti oleh tim-tim dan gamer luar Cina, namun kategori ini lebih dikhususkan bagi peserta lokal.

Pembagian Region dan Masa Pendaftaran

Selain wajib lolos gelaran kualifikasi nasional di tiap negara, para wakil terbaik yang ingin tanding di Grand Final WCG 2019 harus melalui penyisihan regional. Pembagian region di WCG mencakup zona wilayah AMERIKA, APAC, CINA, dan EROPA. Negara-negara yang tergabung untuk tiap region akan berbeda, dan disesuaikan gimnya. Lebih detilnya, bisa dilihat DI SINI.

Baik itu National maupun Regional Qualifier akan berlangsung secara online melalui platform yang telah ditunjuk oleh WCG, yakni Battlefly (region Amerika, APAC, dan Eropa), sementara kualifikasi di Cina melalui VARENA.


Kualifikasi nasional akan meloloskan dua pemain / tim sebagai wakil negara tersebut untuk mengikuti Regional Qualifier dari masing-masing gim. Dalam kualifikasi regional (online), mereka akan kembali berhadapan dengan perwakilan terbaik dari negara lain, guna menentukan 8 peserta terbaik yang berhak melaju ke Regional Finals.

Khusus pemenang kualifikasi di Cina, tidak lagi harus menjalani Regional Qualifier, dan otomatis lanjut ke final regional (offline). Di babak Regional Finals, kedelapan pesertanya akan bersaing memperebutkan dua slot menuju Grand Final WCG 2019, di Xi'an City. Finalis untuk masing-masing gim dari keempat region akan bertarung di panggung utama, Grand Finals!

Masa pendaftaran untuk peserta kualifikasi WCG 2019, dari masing-masing negara (region Amerika, APAC, dan Eropa) serta cabang gim, secara serentak akan dibuka mulai tanggal 11 Maret 2019, via situs resminya. Peserta dari region Cina dapat melakukan pendaftaran melalui VARENA, meski tanggal mulainya belum diumumkan.

Seputar WCG 2019: Struktur dan Format Turnamen

Setiap negara partisipan dapat mengirimkan dua wakil (perorangan ataupun tim) yang telah lolos rangkaian National Qualifier dari masing-masing kategori gim. Selanjutnya, perwakilan negara tersebut akan bertanding lagi di Regional Qualifier, hadapi tim dari negara lain satu kawasan. Kualifikasi nasional dan regional akan berlangsung secara online, melalui platform Battlefly (khusus region Amerika, APAC, Eropa), sementara peserta dari Cina menggunakan VARENA.

Delapan tim terbaik dari kualifikasi regional berhak melaju ke Regional Finals, untuk menentukan dua perwakilan regional tersebut yang bakal berlaga di Grand Final WCG 2019, Xi'an City, Cina.

Secara garis besar, WCG mewajibkan semua pemain atau anggota tim memiliki kewarganegaraan sama. Dari tiap negara, pelaksanaan National Qualifier setidaknya harus diikuti oleh minimal 4 pemain / tim (sesuai titel gim). Setiap pemain juga hanya diperbolehkan untuk mengikuti satu cabang gim saja di WCG 2019.

Ketentuan lainnya yang lebih spesifik terkait struktur turnamen online untuk National & Regional Qualifiers, bisa dilihat DI SINI. Beranjak dari fase turnamen online, peserta WCG akan menempuh dua tahapan offline tournament (Regional Finals & Grand Final).

Selama fase Regional Finals & Grand Final, tim peserta diperbolehkan ubah formasi tim (hingga 50 persen perubahan), tapi tidak boleh menggunakan pemain yang sebelumnya terdaftar sebagai peserta WCG 2019. Ini berlaku khusus peserta cabang gim beregu. Format pertandingan sepanjang dua fase offline ini akan selalu dimulai dari Group Stage, lalu Knockout Stage (sistem gugur), dengan bagan turnamen seperti tergambar di bawah ini.

Info lebih detil mengenai peraturan dan ketentuan saat Grand Final, tertuang di link berikut. Jadi, apakah dengan cabang-cabang gim lawas, ajang klasik bertitel World Cyber Games (WCG) tahun ini bakal kembali 'lekat' di hati para pecinta esports? Bagaimana menurutmu?