Esports.ID

Rencana Ambisus Tencent, Bangun 'Legacy' Esports

Rendy Lim
27/03/2019 14:54 WIB
Rencana Ambisus Tencent, Bangun 'Legacy' Esports
Tencent Games

Tencent, perusahaan teknologi raksasa asal negeri Tirai Bambu ini memang terkenal banyak memiliki cabang bisnis. Sepak terjangnya dalam industri kreatif digital juga tidak kalah luas, mencakup pula esports. Berbagai rencana yang telah disiapkan oleh Tencent untuk mengembangkan industri esports tampak sangat ambisius.

Pada acara "UP 2019 Tencent NEO Culture Creativity Conference”, di Beijing, Cina (24/3) kemarin, keenam sub-divisi dari 'digital culture' milik Tencent saling berkumpul dan memaparkan rencana-rencana ambisius mereka sepanjang satu tahun ke depan. Termasuk di antaranya adalah Tencent Esports . 

Poin pertamanya adalah rebranded untuk rangkaian turnamen bertajuk Tencent Games Arena menjadi 'TGA Tencent Esports Games'. Brand ini akan terikat dengan delapan kompetisi profesional esports, serta 30 judul gim. Selain itu, kompetisi King Pro League yang mempertandingkan Honor of Kings, akan ada kompetisi HOK tersendiri khusus wanita, terlepas dari kompetisi KPL yang sudah ada saat ini. 

Tidak hanya itu, pada konferensi tersebut, Tencent juga mengumumkan proyek "Esports Lecture", "Esports Conference", serta "Esports Museum" yang informasi lebih detilnya akan diumumkan bulan Juni mendatang. Menggandeng unsur pendidikan, sosial, hingga 'seni' dalam esports dengan proyek-proyek tersebut, tentu menjadikan Tencent selangkah lebih maju untuk memperkenalkan industri ini ke masyarakat luas. 

Hou Miao, Business Director of Tencent Esports juga mengumumkan rasa bangga mereka atas terpilihnya Arena of Valor, versi internasional dari Honor of Kings, menjadi salah satu official game title untuk cabang esports di SEA Games 2019. "Pada sebuah aspek, esports telah berkembang ke banyak area, menjangkau berbagai pihak yang bukan merupakan fans esports," tutur Miao. "Pada sisi lainnya, industri esports punya banyak ketertarikan di mata para investor, industri non-endemic, hingga brands."

Tidak berhenti di sana, Tencent Games juga mengumumkan rencana untuk membawa Honor of Kings ke beragam format multimedia atau franchise branding, mulai dari film, acara televisi, hingga konser musik. Ini akan dilakukan oleh Tencent dengan perusahaan media setempat, Kaixin Mahua untuk membuat tayangan drama eksklusif, bahkan termasuk pagelaran symphony concert tour, seputar gim Honor of Kings di Cina.

Wah, banyak sekali yah rencana-rencana Tencent untuk mengembangkan industri esports serta produk-produknya. Bagaimana sobat esports, proyek apa yang paling menarik perhatianmu?