Esports.ID

Presiden Polandia Bangga Esports dan Dukung Gim FIFA

Rendy Lim
24/04/2019 16:22 WIB
Presiden Polandia Bangga Esports dan Dukung Gim FIFA
Polandia President, Andrzej Duda

Saat banyak perdebatan tentang penyetaraan esports sejajar dan bagian dari olahraga, Presiden Polandia menyerukan dukungannya terhadap olahraga elektronik ini.

Dukungan ini disampaikan olehnya pada saat konferensi yang memperkenalkan  8 pemain representasi Polandia untuk bertanding di ajang FIFA eWorld Cup 2019.

Pada konferensi tersebut Andrzej Duda, Presiden Polandia menyampaikan kebangaannya terhadap perwakilan Polandia untuk kompetisi tersebut dan menyatakan bahwa esports tanpa keraguan dapat dikategorikan sebagai cabang olahraga.

Andrzej Duda mengutarakan pendapatnya yang mengkategorikan esports sebagai cabang olahraga. Meskipun banyak pula yang mempertanyakan seberapa pantas esports bisa masuk ke olimpiade, dirinya tampak memiliki argumen sendiri yang dapat dipertanggungjawabkan. "Bisakah kita mengatakan bahwa esports adalah olahraga? Jika kita dapat mengatakan bahwa catur adalah olahraga, dan bridge menjadi cabang olahraga, maka esports yang jelas-jelas mengembangkan kemampuan dan refleks dari pemain tanpa ragu dapat dikategorikan juga sebagai olahraga," tuturnya. 

Dirinya juga mengatakan bahwa gim FIFA, yang sajikan permainan sepak bola virtual melalui konsol tersebut, merupakan gim yang tidak menimbulkan kontroversi. Tidak ada elemen yang dapat dipandang secara negatif dalam gim ini, apalagi sepak bola adalah hal yang sangat familiar bagi sebagaian besar anak di Polandia.

Meskipun berpendapat cukup banyak tentang esports, Presiden Polandia menekankan bahwa FIFA adalah gim yang aman untuk didukung. FIFA mendapatkan rating E untuk 'Everyone' oleh ESRB dan 3+ dari PEGI, sedangkan ada beberapa gim esports lainnya seperti CS:GO memiliki rating 16 hingga 18. Pembatasan umur ini tentu juga menjadi sorotan, namun jika dipatuhi oleh para pemain, sepertinya Presiden juga akan memberikan support terhadap gim-gim tersebut.

Bagaimana sobat esports, berita seperti ini tentunya adalah kabar baik untuk para penggemar, setuju?