Esports.ID

Alami 'Kemunduran', Asian Games 2022 Tanpa Cabor Esports!

Rendy Lim
10/04/2019 11:03 WIB
Alami 'Kemunduran', Asian Games 2022 Tanpa Cabor Esports!
Asian Games eSports

Setelah Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta - Palembang dengan menghadirkan esports sebagai 'olahraga uji', maka seyogianya di ajang serupa berikutnya di Hangzhou, Cina banyak fans tentunya berharap esports menjadi cabang olahraga resmi yang memperebutkan medali. 

Sayangnya, dalam pengumuman yang dirilis oleh Hangzhou Asian Games Organizing Committee (HAGOC), cabang esports tidak akan masuk dalam total 37 olahraga yang dipertandingkan dalam 19th Asian Games ini. 

Meski tahun ini ada penambahan 3 cabang , dari awalnya hanya 34 cabang olahraga yang diajukan pada Asian Games 2022, tidak tercantum cabang esports pada daftar yang diumumkan oleh komite HAGOC via situsnya

Kabar ini tentunya mengecewakan para penggemar esports yang mengharapkan cabang olahraga eletronik ini mampu terus hadir di ajang multibangsa macam Asian Games, hingga bisa masuk Olimpiade ke depannya. Padahal di SEA Games 2019 yang akan berlangsung akhir tahun ini, esports sudah resmi menjadi salah satu cabang yang akan dipertandingkan dan memperebutkan medali. 

Pro-kontra dimasukkannya esports sebagai salah satu cabang olahraga memang ramai diperbincangkan oleh banyak pihak sejak diajukan sebagai exhibition match dalam Asian Games Jakarta Palembang 2019. Tidak sedikit pihak yang mempertanyakan sisi atletis dari esports yang membuat mereka layak mendapat sebutan sebagai jenis olahraga. Meski hanya duduk di depan perangkat elektronik dan bermain gim, bukan berarti esports sama sekali tidak memiliki sisi atletis bukan?

Namun, jadwal Asian Games 2022 yang masih cukup lama memungkinkan adanya perubahan untuk daftar cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Semoga ada pertimbangan lebih lanjut dari komite Hangzhou Asian Games yah sobat esports,  bagaimana pendapatmu?