Esports.ID

Lebarkan Sayap, First Media Masuki Industri Esports Indonesia!

basittt
04/04/2019 15:21 WIB
Lebarkan Sayap, First Media Masuki Industri Esports Indonesia!
First Media Esports

PT Link Net Tbk dengan merek dagang First Media, salah satu layanan penyedia TV kabel dan Fixed Broadband Cable Internet di Indonesia terus mendukung perkembangan esports melalui kerjasamanya dengan berbagai stakeholder esports. Dukungan terhadap industri yang masih seumur jagung ini dilakukan First Media dalam bentuk menjadi sponsor dan official Internet provider untuk penyelenggaraan turnamen esports di berbagai wilayah di Indonesia. Mulai dari Piala Presiden Esports 2019, Turnamen PUBG Mobile di Batam, First Battle Games Competition di Bandung, yang ketiganya dilakukan pada Maret dan April di tahun 2019.

Chief Executive Officer (CEO) PT Link Net Tbk. Marlo Budiman mengatakan dukungan terhadap perkembangan esports yang dilakukan oleh First Media adalah dalam rangka memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekosistem esports di Indonesia. "Perkembangan esports semakin maju hingga membutuhkan dukungan berbagai pihak agar terus tumbuh dan memfasilitasi generasi milenial untuk berkembang. Ini sesuai dengan data IDN Research Institute mengenai Indonesia Millennial Report tahun 2019 di mana sebanyak 40,7% milennial mengunduh online games di Smartphone mereka."

Lebih lanjut Marlo mengatakan, "Untuk itu, First Media terus mendukung perkembangan industri esports dan mendukung upaya pemerintah agar esports dapat menghasilkan tidak hanya prestasi, tetapi juga menghasilkan dari sisi ekonomi. Sehingga menjadi stimulan bagi para pelaku industri kreatif. Dukungan First Media dilakukan dengan berkolaborasi bersama berbagai partner dan juga pemerintah melalui kerjasama sebagai Official Internet Provider dalam berbagai event esports di berbagai wilayah Indonesia dengan koneksi internet yang cepat dan stabil. Selain itu yang tidak kalah penting, kami menyediakan produk khusus untuk penggemar game yaitu paket Game Xpert. Dengan paket ini, penggemar game akan mendapatkan koneksi prioritas khusus ke game publisher yang telah bekerjasama yakni Garena, Megaxus, dan Gravindo, untuk mendapatkan latency yang lebih baik dan upload speed yang lebih cepat."

First Media menjadi sponsor di acara Piala Presiden Esports 2019 yang terselenggara atas inisiasi pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) pada 30-31 Maret 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Sebanyak 3.527 tim esports telah mendaftar dan 16 tim esports terbaik hasil kualifikasi regional dan tertutup siap memperebutkan Piala Presiden Esports pertama di Indonesia. Pada saat yang sama di Batam, First Media menjadi sponsor untuk Dialog dengan tema 'Fenomenal Esports di Kalangan Millenial' dengan menjadi Official Internet Provider Turnamen PUBG Mobile yang digagas untuk pertama kalinya oleh sejumlah pewarta di Batam dan didukung oleh Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) kota Batam. Di Bandung tanggal 31 Maret 2019, First Media juga menjadi Official Internet Provider pada First Battle Games Competition yang diselenggarakan di Bandung. Kemudian pada awal April 2019 di Medan dengan event bernama Gaming Experience.

Dukungan First Media terhadap industri ini juga melihat fenomena esports yang terus berkembang dengan pesat. Penetrasi pengguna online games di Indonesia berdasarkan data Statista 2019 diperkirakan mencapai 8.7% pada 2019 dan mencapai 12.4% pada 2023. Untuk segmen online games, jumlah pengguna diperkirakan akan mencapai 34,6 juta pada 2023. Sedangkan untuk penetrasi mobile game penggunanya mencapai 26.5% pada 2019 dan diharapkan akan mencapai 36.8% (102,9 juta) pada tahun 2023.

Untuk pendapatan secara global terjadi perbedaan di mana untuk online games pendapatan tertinggi dihasilkan di Amerika Serikat (US$3,547 million pada 2019), dengan pendapatan di Indonesia mencapai US$182 million pada 2019. Dibandingkan mobile game, pendapatan tertinggi justru dihasilkan di Cina sebesar US$21,399 million pada 2019, dengan pendapatan di Indonesia mencapai US$624 million pada 2019.

Tentunya untuk mendukung kegiatan esports di berbagai wilayah Indonesia, First Media juga menghadirkan berbagai promo menarik, salah satunya berupa paket Game Xpert yang dapatkan diskon besar-besaran hingga 50%.

"Dengan membawa campaign tagline kami yang baru 'A Journey of Togetherness', First Media terus mendukung berbagai kegiatan eSports melalui kerjasama dengan ragam kalangan untuk mendukung perkembangan ekosistem eSports di Indonesia dan menjangkau pasar yang lebih luas terutama generasi milenial. Kami mau memberikan pengalaman yang lebih lagi untuk kebersamaan dengan keluarga, teman maupun komunitas," pungkas Marlo.