ASUS Perkenalkan 4 Laptop Baru dengan Prosesor & Kartu Grafis Terkini!

basittt
25/04/2019 12:12 WIB
ASUS Perkenalkan 4 Laptop Baru dengan Prosesor & Kartu Grafis Terkini!
ASUS Press Conference

Selasa (23/4), bertempat di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, ASUS adakan Sneak Peek untuk memperkenalkan 4 jenis laptop gaming dengan teknologi terbarunya kepada seluruh khalayak gamer di Indonesia. Dikatakan terbaru, karena dalam keempat seri laptop ini tertanam kartu grafis dan prosesor teranyar yang belum ada di seri-seri sebelumnya, yakni prosesor Intel Core 9th Gen, AMD Ryzen 7, dan kartu grafis GTX 1660 Ti.

Seperti apa penampakan laptop gaming yang digadang-gadang milik teknologi terkini itu?

ROG ZEPHYRUS S GX502GW

Laptop yang dipersembahkan untuk gamer hardcore sekaligus para konten kreator, yang sejak pertama kali diperkenalkan sukses mendefinisikan ulang sebuah laptop gaming dari kecenderungan tampil tebal dan berat, kini menjadi tipis sekaligus ringan. Secara fisik, ROG Zephyrus S GX502GW memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari lini laptop Zephyrus lainnya. Membawa kembali desain tradisional di mana posisi keyboard sama seperti laptop pada umumnya, sehingga memungkinkan ROG Zephyrus S GX502GW tetap nyaman digunakan, seperti saat berada dalam pesawat.

Soal performa, ROG Zephyrus S GX502GW tidak perlu diragukan lagi karena hadir dengan spesifikasi premium. Ditenagai prosesor Intel Core 9th Gen (Intel Core i7-9750H) dengan konfigurasi 6 core dan 12 thread, sangat cocok untuk berbagai kegiatan; mulai dari bermain game, menjalankan aplikasi profesional, ataupun saat mengharuskan kamu untuk multitasking. Dari sisi grafis, ROG Zephyrus S GX502GW sudah didukung oleh kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 dengan VRAM GDDR6 sebesar 8GB, yang tentu saja dapat melibas semua judul gim saat ini.

Sedangkan kebutuhan konten kreator makin dimanjakan dengan kemampuan ROG Zephyrus S GX502GW yang mampu mereproduksi warna lebih akurat. Oleh karena itu, layar laptop ini sudah kantongi sertifikasi kalibrasi warna dari PANTONE. Refresh rate pada layar jangan ditanya! 144Hz dengan respone time 3ms akan kamu rasakan saat menggunakan ROG Zephyrus S GX502GW.

Terakhir, menyokong semua hardware mumpuni yang ada di ROG Zephyrus S GX502GW, ASUS sematkan sistem pendinginan khusus, yaitu Active Aerodynamic System (AAS). Sistem ini membuat bagian bawah bodi ROG Zephyrus S GX502GW terangkat dan menghadirkan ruang ekstra untuk aliran udara sehingga pendinginan dapat berjalan lebih optimal.

ROG ZEPHYRUS M GU502GU

Meskipun sama-sama menggunakan nama Zephyrus, namun ROG Zephyrus M GU502GU berbeda dengan seri zephyrus lainnya. Selain merupakan salah satu laptop gaming ASUS berbasis NVIDIA GeForce GTX 1660Ti yang pertama, laptop gaming ini ternyata tidak memiliki pendingin AAS seperti yang dimiliki ROG Zephyrus S GX502GW. Meskipun demikian, ASUS berhasil menghadirkan sistem pendinginan tersendiri yang dapat jaga suhu komponen utama tetap optimal.

Sebagai bagian dari keluarga Zephyrus, ROG Zephyrus M GU502GU masih hadir dengan berbagai fitur eksklusif, seperti layar bersertifikasi PANTONE dengan refresh rate 144Hz response time 3ms, serta teknologi USB Type-C power delivery agar dayanya bisa diisi ulang menggunakan adapter lebih mungil.

ROG Zephyrus M GU502GU juga tetap menggunakan bodi berbahan magnesium alloy yang sangat kokoh. Desain bodi yang sangat simpel membuat ROG Zephyrus M GU502GU tidak terlalu mencolok ketika digunakan di tempat umum. Laptop gaming ini memang dirancang agar dapat menemani penggunanya sehari-hari di berbagai kegiatan dan telah diukung oleh fitur konektivitas yang lengkap.

Sama seperti ROG Zephyrus GX502GW, laptop gaming ini ditenagai oleh prosesor Intel Core 9th Gen yaitu Intel Core i7-9750H. Prosesor ini memastikan ROG Zephyrus M GU502GU dapat berjalan kencang di berbagai skenario penggunaan.

ROG ZEPHYRUS G GA502DU

Laptop Gaming canggih ini, ternyata mirip dengan ROG Zephyrus M GU502GU yang tidak dilengkapi dengan sistem pendinginan AAS dan sudah menggunakan kartu grafis GeForce GTX 1660Ti. Bedanya, ROG Zephyrus G GA502GU ditenagai prosesor terbaru AMD, yakni Ryzen 7 3750H.

Ryzen 7 3750H merupakan prosesor AMD generasi terbaru yang menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread. Prosesor ini hadir dengan kecepatan pemrosesan hingga 4GHz dan telah menggunakan arsitektur Zen terbaru dengan metode fabrikasi 12mm.

ROG Zephyrus G GA502DU tetap hadir dengan berbagai fitur khusus untuk menunjang kegiatan bermain gim. Selain memiliki rangka bodi tangguh berbahan magnesium alloy, laptop gaming ini juga tampil dengan layar bezel ultra-tipis. Layar tersebut memiliki spesifikasi gaming dengan refresh rate 144Hz dan response time 3ms. Tidak ketinggalan pula sertifikasi kalibrasi warna dari PANTONE membuat laptop gaming ini dapat digunakan oleh para profesional di industri kreatif.

TUF GAMING FX505DU

Selain seri ROG, ASUS juga punya seri TUF Gaming yang disematkan teknologi paling anyar, dia adalah TUF Gaming FX505DU. Diposisikan sebagai laptop gaming kelas entry-level, laptop ini tampil dengan performa yang telah ditingkatkan berkat adanya kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1660Ti, dan telah dilengkapi dengan VRAM GDDR5 sebesar 8GB.

TUF Gaming FX505DU tetap tampil dengan desain bodi yang kokoh berstandar militer MIL STD-810G. Artinya, laptop gaming ini sudah lolos dari berbagai pengujian ekstrem dan dirancang memiliki durabilitas tinggi. Meski merupakan laptop gaming entry-level, TUF Gaming FX505DU tetap hadir dengan fitur eksklusif, salah satunya adalah anti-dust cooling yang memungkinkan debu untuk tidak menumpuk di dalam sistem pendingin yang berpengaruh langsung pada performa pendinginan.

TUF Gaming FX505DU kali ini juga ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen generasi terbaru, yaitu Ryzen 7 3750H. Prosesor dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread tersebut memiliki kecepatan pemrosesan hingga 4GHz dan telah menggunakan arsitektur Zen terbaru dengan metode fabrikasi 12nm. Kehadiran prosesor ini menjamin penggunaan TUF Gaming FX505DU dalam berbagai skenario, termasuk gaming dan multitasking.

Jadi, dari keempat laptop gaming ini, yang mana kandidat terkuat untuk sobat esports miliki?