First Warriors

Jadi Streamer Bisa Raup 700 Juta Rupiah Per Jam

Billy
21/05/2019 12:20 WIB
Jadi Streamer Bisa Raup 700 Juta Rupiah Per Jam
vpesports

Profesi streamer masih dianggap pekerjaan yang awam bagi sebagian orang, tapi untuk gamer melakukan stream adalah rutinitas impian. Bahkan, di luar sana, profesi ini sangatlah menjanjikan.

Selain bisa bermain gim favorit, streaming memungkinkan kamu berinteraksi dengan viewer baik itu yang terhibur maupun terganggu dengan pembawaanmu. Tak ubahnya asam manis kehidupan. Tapi ada satu hal lain yang membuat profesi ini begitu menggiurkan.

Belum lama pemberitaan tentang Tyler "Ninja" Blevins yang dibayar 1 Juta USD (14,5 Milyar Rupiah) oleh EA untuk melakukan sponsored stream, sebuah penelitian dari Wall Street Journal membuktikan bahwa top level streamer bisa membawa pulang secara konsisten $25.000 sampai $50.000 (360 Juta-700 Juta Rupiah) dalam waktu satu jam dengan tingkat concurrent viewers sekitar 15.000 penonton.

Beberapa publisher besar seperti Electronic Arts dan Ubisoft sudah mempercayakan media promosi mereka kepada streamer-streamer top, seperti Ninja dan Shroud. Selain jago dalam bermain, mereka tahu cara bikin gim tersebut terlihat seru sehingga penonton merasa penasaran dan ingin mencobanya nanti.

Biasanya streamer sendiri memberitahukan bila sedang dalam aktivitas sponsored stream di mana mereka dibayar untuk memainkan gim tertentu. Namun, dengan reputasi yang menjanjikan, publisher yakin akan ada banyak massa yang tertarik efek dari menyaksikan streaming.

Walau tak semua publisher punya modal besar untuk mempromosikan gimnya memakai streamer paling berpengaruh, namun streamer adalah alat pemasaran wajib bagi pembuat gim untuk menggaungkan karyanya ke komunitas.

Lalu bagaimana di Indonesia? Profesi streamer di tanah air juga makin marak. Nama-nama veteran pelopor YouTuber Gaming seperti Reza Arap atau MiawAug, kabarnya bisa membawa pulang ratusan juta hingga puluhan milyar Rupiah dalam setahun. Adapun yang berasal dari kalangan atlet esports seperti JessNoLimit, pemain Mobile Legends dari EVOS Esports pernah kantongi 17,9 miliar Rupiah per tahun hanya dari streaming.

Sontak kesuksesan mereka menciptakan virus yang menyebabkan banyak anak muda sampai kalangan dewasa memilih streaming sebagai profesi sampingan, bahkan mata pencaharian utama.

Semoga saja kelak ada streamer Indonesia yang bisa dibayar semahal streamer luar negeri ya sobat esports!