LA Bolds Main

Seberapa Penting 'Break' Saat Gaming? Ini Ancamannya!

Rendy Lim
20/06/2019 15:33 WIB
Seberapa Penting 'Break' Saat Gaming? Ini Ancamannya!
Internet Gaming Disorder

Bermain gim apalagi saat lagi seru-serunya tentu membuat kamu sering kali lupa waktu. Melewatkan jam makan ataupun istirahat sudah menjadi hal yang kerap terjadi bagi para gamer. Terjadi satu atau dua kali mungkin tidak terlalu berpengaruh pada kesehatan, namun apa yang akan terjadi jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang?

Pentingnya waktu break atau istirahat bukan hanya sekedar ucapan manis belaka. Atlet esports profesional memiliki jadwal waktu yang terbagi jelas kapan mereka harus latihan, istirahat, olahraga, bahkan untuk pola makannya. Saat turnamen, kamu juga akan menemukan sesi istirahat yang diberikan kepada tim yang sedang bertanding pada setiap ronde. Tujuannya, agar para pemain bisa kembali mendapatkan fokus dan bertanding dengan maksimal pada ronde selanjutnya.


Namun tak hanya berguna untuk mengembalikan fokus, istirahat di sela-sela bermain gim menjadi penting karena dapat memberi pengaruh pada masalah kesehatan individu tersebut. Ancaman apa yang bisa terjadi jika kamu melupakan istirahat dan terlalu fokus bermain gim?

Berdasarkan sebuah kasus yang diangkat oleh sebuah channel medis di YouTube, seorang anak muda bermain gim selama 73 jam nonstop di depan layar komputer, lupa untuk makan, minum, istirahat, hingga tidak pergi ke toilet. Saat pemuda ini memutuskan untuk ke toilet setelah tiga hari, dirinya jatuh dan merasakan sesak napas. Apa yang terjadi pada tubuhnya dan bagaimana hubungannya dengan bermain gim terlalu lama?

Ternyata akibat duduk terlalu lama yakni selama 73 jam tanpa berdiri membuat jantung pemuda tersebut tersumbat, mengakibatkan pasokan oksigen ke seluruh organ tubuh terhambat, berujung pada matinya satu per satu fungsi organ dan berakhir pada berhentinya detak jantung. Dalam bahasa medis, ini adalah kasus Acute Massive Pulmonary Embolism, apa dan bagaimana itu bisa terjadi?

Posisi duduk saat bermain gim di komputer membuat darah dari pembuluh vena di kaki tertekan dan sulit naik kembali ke jantung. Jika ini dibiarkan terlalu lama, gerakan darah dari pembuluh vena akan membentuk gumpalan atau blood clot. Gumpalan ini akan semakin besar beriringan dengan waktu yang kamu habiskan untuk duduk di kursi.

Sesaat setelah kamu berdiri, gumpalan ini akan langsung naik ke jantung seperti yang seharusnya, menuju ventrikel kanan yang mengarah ke paru-paru. Namun karena ukurannya yang besar, gumpalan ini akan menyumbat arteri, menyebabkan perubahan pada bentuk jantung akibat pembesaran pembuluh, perubahan ini membuatnya berhenti berdetak. Akibatnya, organ-organ pemuda tersebut juga mati karena tak lagi mendapat supply oksigen dari jantung. 

Ini adalah salah satu kasus Internet Gaming Disorder yang saat ini menjadi perbincangan hangat dan bahkan akhirnya dinyatakan oleh World Health Organization (WHO) sebagai sebuah penyakit. Namun, kita masih harus berhati-hati dalam mengklasifikasi seseorang yang terkena penyimpangan ini dengan mereka yang hanya senang bermain gim.

Anak-anak yang ingin bermain gim dengan temannya saat pulang sekolah tidak mengalami kecanduan bermain. Mereka yang menghabiskan akhir pekan dengan bermain gim namun bisa tetap kembali bekerja tidak mengalami kecanduan bermain. Orang-orang yang bermain gim dan tetap bisa melaksanakan tanggung jawabnya, baik kepada keluarga maupun masyarakat tidak masuk ke dalam kualifikasi WHO sebagai orang yang kecanduan gim.

Mereka yang sampai membuat anggota keluarga atau hewan peliharaannya kelaparan karena terlalu fokus bermain gim merupakan orang yang kecanduan. Remaja yang tidak ingin mencari kerja dan hanya fokus main gim setiap hari hingga melupakan kesehatannya memiliki kecenderungan orang kecanduan dan inilah yang menjadi perhatian oleh WHO.

Bermain gim bagi sebagian orang menjadi sarana untuk menghabiskan waktu atau hilangkan stress, beberapa orang lainnya menjadikan gim sebagai profesi mereka. Bagaimanapun kamu melihat gim, hal paling penting yang harus kamu ingat adalah jangan sampai gim tersebut menganggu kesehatan dirimu. Dapat membagi waktu dengan bijak adalah tanda kamu tidak mengalami kecanduan gim dan inilah yang bisa hindarkanmu dari masalah kesehatan.

Apakah kamu setuju Sobat Esports?