First Warriors

Esports For Everyone, Upaya IESPA Rangkul Gamer Disabilitas

Rendy Lim
20/06/2019 16:30 WIB
Esports For Everyone, Upaya IESPA Rangkul Gamer Disabilitas
Patriot Esports Championship

Beragam jenis turnamen esports pastinya sudah pernah kamu lihat diselenggarakan di Indonesia. Mulai dari yang ditujukan hanya untuk tim-tim professional, sampai event khusus amatir. Menariknya, turnamen esports juga bisa menjangkau sektor-sektor yang sebelumnya tidak pernah diasosiasikan dengan gim.

Tentunya kamu pernah mendengar turnamen esports yang dikhususkan untuk karyawan kantor, hingga tim esports yang dibentuk dari para karyawan BUMN. Namun di luar dari sektor-sektor besar tersebut, masih ada satu lapisan masyarakat yang masih jarang tersentuh komunitas gamer yakni para penyandang disabilitas

Melihat hal tersebut, organisasi IESPA Indonesia berinisiatif untuk turut terlibat secara langsung dan mendukung turnamen esports yang dapat diikuti oleh mereka dengan kekurangan. Melalui acara Esports for Everyone, IESPA bekerjasama dengan Esports Ability Indonesia (EAI) dan memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk dapat merasakan euforia turnamen yang mungkin selama ini hanya bisa mereka idam-idamkan.

Ada dua gim yang akan dipertandingkan dalam acara ini, yakni Mobile Legends dan Dota 2 one vs one. Tidak hanya terbuka untuk para penyandang disabilitas, turnamen ini juga bisa diikuti oleh peserta umum dan biaya pendaftarannya gratis.

Rencananya, Esports for Everyone - Road to PEC 2019 akan berlangsung pada tanggal 29 hingga 30 Juni 2019 di Mega Bekasi Hypermall. 

Mungkin ini adalah kali pertamanya turnamen esports untuk penyandang disabilitas diadakan dan semoga bisa menjadi pionir yang membawa semakin banyak kesempatan bagi mereka untuk dapat menunjukkan kemampuan meski memiliki kekurangan.

Yuk, Sobat Esports, kita dukung bersama turnamen ini dan semoga bisa membantu menyadarkan bahwa penyandang disabilitas memiliki potensi dan dapat beraktifitas serta berekspresi layaknya individu lainnya, setuju?