Esports.ID

GameSir GK300, Wireless Mechanical Keyboard Mewah nan Murah!

basittt
04/07/2019 08:00 WIB
GameSir GK300, Wireless Mechanical Keyboard Mewah nan Murah!
GameSir GK300 Space Gray

Berbicara tentang keyboard gaming yang baik untuk hardcore gamer ataupun atlet esports, pastinya tak lepas dari jenis mechanical. Jenis ini sudah menjadi acuan gamer dalam melengkapi kebutuhan bermain gim. Hal tersebut dipicu dari banyaknya kelebihan mechanical keyboard ketimbang keyboard pada umumnya, serta fitur-fitur yang disajikan memang benar-benar memanjakan.

Saat sedang mengidam-idamkan sebuah mechanical keyboard baru, Esports.ID langsung mendapatkan sebuah kiriman paket dari produsen gaming terkemuka tanah air. Siapa lagi kalau bukan GameSir! Kali ini, mereka  memperkenalkan sebuah 'wireless mechanical gaming keyboard' dengan model GK300 Space Gray yang begitu mempesona.

Begitu tim Esports.ID menerima produk ini, kami cukup terkesima dengan kemasan dari GameSir GK300 karena sangat simpel, minimalis, namun tetap kokoh dilihat dari sisi manapun. Ketika membukanya, kami langsung diperlihatkan penampakan dari Keyboard GameSir GK300 yang masih terbungkus dengan aman di dalam sebuah mika plastik. Mengorek lebih dalam, kami menemukan juga pendukung lain untuk keyboard ini seperti Manual Book, Removable Palm Rest, dan juga Micro-USB Cable (3.28 ft).

GameSir GK300, Wireless Mechanical Gaming Keyboard

Kekhawatiran gamer akan peripheral dengan label wireless, biasanya terletak pada kecepatan koneksi yang dihasilkan saat bermain game. Adanya delay, sudah pasti akan sangat mengganggu aktivitas gamer terlebih untuk game dengan tingkat kompetitif tinggi. Oleh sebab itu, GameSir mengembangkan teknologi wireless-nya (Agility X 2.4GHz Wireless Technology) dan mengimplementasikan pada GK300 untuk menjadikannya sebuah Wireless Mechanical Gaming Keyboard dengan konektivitas yang begitu cepat.

Dongle Agility X yang dikembangkan GameSir untuk GK300 berada pada frekuensi 2.4GHz, sehingga mampu hasilkan delay sangat rendah hingga 1ms. Selain wireless, GameSir GK300 juga suguhkan konektivitas menggunakan GCM Bluetooth 4.1. Dua metode ini dihadirkan begitu ringkas, tanpa memerlukan adanya instalasi menggunakan driver. Sehingga, memungkinkan kamu untuk menyambungkan GameSir GK300 pada perangkat komputer ataupun smartphone yang dimiliki dengan begitu cepat.

Desain Mewah, Efek Backlit Beragam

Selain andalkan konektivitas super cepat melalui Agility X 2.4GHz Wireless Technology, GameSir tidak mengesampingkan rupa dari GK300. Mechanical Keyboard satu ini hadir dengan desain yang begitu ramping, tanpa membuang kesan elegan dari tiap sisinya. Gunakan bahan dasar Aluminium Alloy, tentu buat keyboard ini tampak sangat kokoh dan begitu berkelas saat digunakan. Urusan kenyamanan, kamu wajib menggunakan Palm Rest, karena GameSir GK300 usung desain ergonomis dengan tingkat kemiringan 7.5 derajat. Tanpa Palm Rest, tentu kenyamanan kamu dalam menggunakan keyboard ini akan berkurang sangat jauh.

Saat keyboard dinyalakan, tentu backlit akan menjadi fokus utama kamu. GameSir GK300 hanya menyediakan backlit berwarna putih dengan 4 pilihan efek dan 5 tingkat kecerahan. Keempat efek tersebut adalah Wave & Ripple, Steady, Breathing, dan juga OFF. Kamu bisa langsung tekan tombol FN + tombol arah (kanan/kiri) untuk memilih 4 efek yang ingin digunakan. Sedangkan tingkat kecerahan bisa diatur menggunakan tombol FN + tombol arah lain (atas/bawah).

Baterai Super Irit

Jika kamu khawatir pada perpaduan wireless dan backlit yang akan menguras baterai, hal itu tidak perlu dipikirkan pada GameSir GK300! Pasalnya, keyboard ini miliki baterai dengan kapasitas 3600mAh yang dayanya dapat kamu isi ulang ketika habis. Miliki kapasitas sebesar itu, GameSir GK300 mampu bertahan hingga 30 jam nonstop dalam kondisi semua backlit menyala, atau 300 jam ketika backlit dimatikan.

Bahkan, buat kamu yang skeptis urusan perlistrikan, keyboard ini mampu terapkan 'Battery Saver' yang akan mematikan secara otomatis semua backlit setelah 30 detik ataupun masuki sleeping mode apabila 1 menit tidak dipergunakan sama sekali.

TCC Mechanical Blue Switch

Fitur lain yang belum kami bahas adalah teknologi mekanikal yang dipergunakan pada GameSir GK300 Space Gray ini. Seperti kita ketahui, GameSir GK300 miliki dua macam model, yakni Space Gray dan White. Hal yang membedakan dua model itu terdapat pada TCC Mechanical Switch yang dipergunakan (Red/Blue). Dikarenakan kami menerima produk GameSir GK300 Space Gray, sudah pasti keyboard ini menggunakan TCC Mechanical Blue Switch.

TCC Blue miliki Actuation Force 50-20gf, agak sedikit lebih berat dibandingkan TCC Red pada keyboard ini dengan Actuation Force 45-15gf. Selain itu, spesifikasi lainnya tetap sama di mana Actuation Point sebesar 2.2-0.6mm dengan Total Travel Distance mencapai 4.0-0.4mm. Hal mendasar yang membedakan TCC Blue dan Red adalah suara berisik yang dihasilkan, yang mana Blue akan lebih berisik dibandingkan Red. Sedangkan untuk daya tahan tombol, TCC Blue atau Red mampu bertahan hingga 50 juta kali penekanan.

Fitur tambahan lain yang tidak luput dimiliki GameSir GK300 adalah 10-key rollover anti-ghosting, yang mana kamu bisa menekan 10 tombol ini berbarengan tanpa hambatan sedikitpun. Meskipun tidak semua tombol miliki fitur anti-ghosting ini, hanya untuk tombol Q, W, E, R, T, A, S, D, F, dan G saja.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, GameSir GK300 benar-benar mumpuni untuk sebuah Wireless Mechanical Gaming Keyboard. Konektivitas mudah (plug & play) menggunakan wireless ataupun bluetooth, desain ergonomis, mewah, elegan, miliki backlit dengan efek beragam, serta daya tahan baterai yang begitu kuat seakan menampung semua kebutuhan gamer. Sedikit sekali kekurangan dari keyboard ini, di samping masalah selera akan RGB backlit ataupun pilihan TCC Switches.

Urusan harga, GameSir GK300 Space Gray bisa kamu bawa pulang dengan harga di bawah satu juta rupiah. Yakin tidak mau bungkus mechanical keyboard ini?