Esports.ID

Esports di Pabrik! Honda Gelar Ekshibisi Gim untuk Karyawan

Billy
08/07/2019 10:33 WIB
Esports di Pabrik! Honda Gelar Ekshibisi Gim untuk Karyawan
Esports.ID

Bukan cuma anak muda di kota-kota saja yang menikmati gaung esports. Di balik bangunan besar dan mesin-mesin otomatis, pekerja Honda Precision Parts Manufacturing (HPPM) turut berkompetisi di ajang esports merayakan Olimpiade Departemen yang digelar setiap tahun.

Berlangsung sejak 23 Juni sampai tanggal 28 Juli nanti, perayaan tahun ini akan menyematkan esports sebagai kategori ekshibisi di samping cabang olahraga rutin macam sepakbola, voli, basket, dan panahan. Ada juga kompetisi grup musik, bernyanyi, serta tari.

Mobile Legends dan PES dipilih sebagai gim yang dipertandingkan. Adapun alasan esports dilirik oleh Komite Olimpiade Departemen HPPM dikarenakan banyak buruh yang habiskan waktu istirahat dengan bermain gim di smartphone mereka. Atas dasar itu, komite mengajukan esports jadi cabang ekshibisi.

Salah satu anggota komite bagian esports sekaligus pekerja HPPM, Dedeng Hadi, menjelaskan olimpiade ini merupakan acara hiburan yang wajib terselenggara setiap tahun. Meski tidak semua karyawan diwajibkan untuk ikut bermain, namun tiap departemen di Honda harus mengirimkan perwakilan.

Selain sebagai sarana menumbuhkan rasa sportivitas dan semangat bersaing, Olimpiade Departemen membuka ruang silaturahmi antar karyawan beserta keluarga, karena di akhir pekan peserta boleh membawa keluarga ke dalam kawasan pabrik.

Anggota komite lainnya, Sarah, menjelaskan "Daya tarik peserta mengikuti event ini sih sangat bagus yah. Apalagi di hari pertama ketika semua tim mengajak keluarganya untuk sekedar nonton." Sayangnya, satu per satu dari mereka berguguran dan menyisakan tim-tim terbaik dari tiap grup untuk diadu dengan grup lain sampai ditemukan juara pertama Olimpiade Departemen cabang esports.

Ketika ditanya mengenai tanggapan direksi atau pimpinan dari Honda, keduanya menjawab selaras bahwa pimpinan sangat antusias dengan event ini, "Pimpinan yang dari Jepang dan Indonesia hadir di hari pertama dan melihat pertandingan esports dengan bersemangat."

Olimpiade Departemen yang mirip dengan pensi anak SMA ini terselenggara berkat pembiayaan pribadi dari HPPM. Setiap cabang mengapresiasi pemenangnya dengan hadiah trofi dan sejumlah uang, tak ketinggalan bagi pemenang cabang ekshibisi seperti esports.


Salah satu perwakilan departemen di HPPM, Tim Assembly

Ke depannya, anggota komite esports berharap cabang ini diteruskan di edisi olimpiade mendatang. Wah, esports saja sudah masuk pabrik guys, selanjutnya bakal menular kemana lagi nih demam esports?