Esports.ID

Menkominfo Lantik Pengurus AVGI, Demi Kemajuan Esports Tanah Air!

Meneketehe
16/07/2019 17:39 WIB
Menkominfo Lantik Pengurus AVGI, Demi Kemajuan Esports Tanah Air!
Rob Clinton Pimpin Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI)

Pesatnya perkembangan esports dan besarnya antusias gamer tanah air terhadap olahraga elektronik ini harus pula diiringi dengan kesiapan para penggeraknya, untuk menggali potensi terdalamnya serta memberi kontribusi positif kepada bangsa dan negara Indonesia.

Ide tersebut yang menjadi cikal-bakal lahirnya Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI), lembaga independen dan profesional yang berkomitmen memajukan industri olahraga elektronik (esports) di Indonesia. Faktanya, meski tergolong baru berkembang, industri esports di tanah air memiliki potensi teramat besar sehingga perlu adanya standarisasi, benchmarking, serta regulasi.

Sebagaimana disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Bapak Rudiantara, dalam sambutannya pada acara konferensi pers peresmian AVGI, Selasa (16/7), bertempat di Hotel Red Top, Pecenongan Utara, Jakarta Pusat.

"Pemerintah tidak lagi menjadi regulator, khususnya terkait hal-hal baru. Tapi menjadi fasilitator, bahkan akselerator. Agar kita bisa mendapat medali lagi di Asian Games 2020," tandas Rudiantara, suarakan rasa optimisme terhadap perkembangan esports di Indonesia. "Mengenai regulasi, lebih baik bicarakan (standarisasi - red) dulu, kita buatkan koridornya. Nantinya, bila ada yang minta blokir PUBG, saya akan bilang tanya AVGI dulu! Intinya, sekarang semua bisa dikonsultasikan."

Dalam acara ini, Bapak Rudiantara juga sekaligus melantik jajaran pengurus AVGI, yang terdiri dari para pelaku dan penggiat industri olahraga elektronik di Indonesia. Didapuk menjadi Ketua Umum adalah Rob Clinton Kardinal, yang lebih akrab di kalangan gamer sebagai owner dari tim Onic Esports, yang akan didampingi oleh Angki Trijaka menjabat Sekretaris Jenderal.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  juga hadir dalam seremonial pelantikan pengurus AVGI.

"Regulasi sangat penting karena selain dapat membantu perkembangan industri olahraga elektronik, juga dapat memotivasi para pelaku dan atlet esports untuk terus berprestasi membawa nama Indonesia ke tingkat lebih tinggi," papar Rob Clinton, Ketua Umum AVGI, dalam pidatonya menanggapi perlunya penyusunan standarisasi di dunia esports tanah air.

Terkait dengan peran dan fungsinya yang mungkin berbenturan dengan lembaga esports lainnya, Rob Clinton merasa perlu untuk menegaskan bahwa posisi AVGI sama halnya dengan AGI ataupun IESPA yang bergerak dalam industri dengan tujuan positif sama, sehingga kemungkinan sinergi sangat terbuka lebar.

AVGI telah menyusun berbagai program yang diharapkan dapat mendorong akselerasi kemajuan industri ini. Mengusung lima misi utama yang secara konsisten fokus terhadap peningkatan prestasi olahraga elektronik di Indonesia melalui pembinaan asosiasi serta pengembangan sumber daya. Hal ini secara efektif akan membentuk ekosistem esports lebih kondusif hingga dapat menciptakan atlet berprestasi di tingkat daerah, nasional, dan internasional.

Angki Trijaka, Sekretaris Jenderal AVGI, menambahkan, "AVGI terbuka untuk umum, terutama bagi para pelaku dan penggiat olahraga elektronik yang berkomitmen untuk turut mengembangkan esports di Indonesia. Hari ini, kami telah mendapatkan dukungan resmi berbagai pihak, mulai dari pemerintah, hingga para penggerak industri dari seluruh pelosok negeri."

Akhir kata, melalui kehadiran AVGI, semoga ke depannya dapat tercipta ekosistem olahraga elektronik atau esports yang lebih sehat, seimbang, serta positif, sehingga harkat dan martabat bangsa terus terangkat baik di tingkat nasional maupun secara global melalui cabang esports!