Esports.ID

ROG Strix Hero III G531, Siap Penuhi Kebutuhan Gamers Esports!

Rendy Lim
08/08/2019 11:22 WIB
ROG Strix Hero III G531, Siap Penuhi Kebutuhan Gamers Esports!
ASUS ROG Strix Hero III

Generasi terbaru dari seri ROG Strix Hero diperkenalkan Asus bersamaan dengan jajaran produk gaming terbaru pada acara peluncuran Be Unstoppable di Grand Ballrom Hotel Pullman Jakarta bulan lalu. Pada lini ROG Strix yang dikhusukan untuk memenuhi kebutuhan para gamer esports, Asus memperkenalkan tiga seri terbaru yakni ROG Strix G G531Hero III, dan Scar III. 

Tim Esports.id mendapat kesempatan untuk mencicipi salah satu dari tiga seri terbaru ROG Strix yang baru saja dirilis tersebut yakni ROG Strix Hero III. Mulai dari desain tampilan yang 'sangar' namun elegan, hingga performanya yang pasti dapat menjawab semua keperluanmu, kira-kira apa saja yah yang membuat laptop gaming ini harus kamu miliki? Yuk, simak review dari kita: 

Sekilas, tampilan ROG Strix Hero III mirip dengan generasi terdahulunya, namun...

Desain elegan berkat kolaborasi BMW Designworks Group

Dari sisi tampilan, kalau hanya melihat sekilas mungkin kamu akan merasa desain dari ROG Strix Hero III cukup mirip dengan generasi terdahulunya. Namun jika diteliti, seri terbaru ini memiliki desain yang lebih elegan, ini berkat adopsi dari ROG Face Off, konsep hasil kerjasama dari tim ASUS ROG dan BMW Designworks Group

Dimulai dengan ruang tambahan yang cukup besar di engsel layar yang ternyata terinspirasi dari pintu mobil sports, memberikan elemen pendingin lebih bagi ROG Strix Hero III. Ruang-ruang yang ditujukan untuk memaksimalkan sirkulasi udara bisa dengan mudah kamu temukan dibagian bawah laptop ini dan tentunya didesain agar tetap menarik untuk dilihat sembari memberikan kesempatan untuk waktu bermain lebih lama dan menghindari overheat

Posisi port untuk charging, HDMI, hingga kabel LAN di ROG Strix Hero III kali ini diposisikan di sisi belakang, sementara port USB dan headset ditempatkan pada sisi kiri, membuat pergerakan mouse tidak akan terganggu oleh kabel yang biasanya ada disisi kanan laptop. Terakhir, lampu RGB yang mengelilingi posisi bawah laptop akan membuat fans yang suka melakukan eksperimen untuk RGB sync punya sentuhan baru. 

Keystone yang terletak di bagian kanan merupakan inovasi terbaru ROG untuk seri ini!

'Keystone' fitur terbaru untuk seri ROG Strix 

Berbicara soal inovasi, fitur Keystone yang ditawarkan oleh ASUS pada lini ROG Strix patut mendapatkan apresiasi. Keystone sendiri didesain menyerupai kunci yang bisa disambungkan pada laptop, fungsinys sendiri adalah untuk mengakses dan menghidupkan berbagai fitur ekstra di laptop kamu. Memasang Keystone ke bodi ROG Strix Hero III akan langsung menghidupkan mode turbo yang membuat kamu bisa lebih maksimal dalam bermain gim. 

Selain itu, aplikasi Armoury Crate akan muncul saat memasang Keystone ini dan dari sana kamu bisa mengakses berbagai pengaturan yang bisa langsung aktif saat menggunakan Keystone. Mudahnya, kamu bisa mengaktifkan mode favoritmu hanya dengan menggunakan kunci ini. Kerennya sih, Keystone ini seperti kunci yang akan membuka potensi maksimal laptop ini dan hanya kamu yang bisa menggunakannya. 

Tidak terbatas hanya pada fitur peningkatan performa, Keystone juga bisa berfungsi sebagai akses keamanan untuk dokumen-dokumen pentigmu. Kamu bisa menggunakan Keystone untuk menampilkan Shadow Drive, yakni drive penyimpan tambahan yang hanya bisa dihat saat Keystone sedang terpasang. Jadinya semakin aman nih laptop kamu Sobat Esports!

ROG Strix Hero III dilengkapi dengan berbagai kebutuhan para gamers esports

Spesifikasi maksimal, tunjang segala kebutuhan gaming 

Karena seri ROG Strix memang dikhususkan untuk para gamer esports, laptop ini dilengkapi dengan komponen-komponen terbaru yang menjamin kenyamanan saat bermain gim. Dimulai dari masalah pendinginan, ROG Strix Hero III menggunakan dua kipas 12v dengan teknologi n-Blades yang mampu menghasilkan sirkulasi lebih baik. Teknologi ini bisa berjalan berkat fan blade yang terbuat dari liquid-crystal polymer, tipis namun tetap optimal di RPM tinggi. 

Ditenagai oleh prosesos paling baru dari Intel yakni generasi ke-9, i7-9750H dengan konfigurasi 6 core dan 12 thread. Prosesor ini akan menghadirkan kecepatan hingga 4.5Ghz pada mode turbo, membuat mulai dari proses booting hingga menjalankan aplikasi akan terasa sangat cepat. 

Sementara itu disisi grafis, ROG Strix Hero III sudah dilengkapi dengan NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti yang tentunya akan mampu menjalankan hampir semua gim esports terkini dengan settingan rata kanan. Menunjang performa multitasking, laptop ini juga memiliki kapasitas RAM DDR4 dari varian 8GB hingga 16GB agar kamu bisa melakukan live streaming sambil bermain gim. Penggunaan NVMe PCle SSD sebagai media penyimpan serta frekuensi RAM 2666MHz memastikan kamu tidak mengalami lag saat sedang membuka banyak aplikasi.

Dimensi layar 15,6 inch dengan level IPS hingga FHD (1920x1080) membuat kamu bisa menikmati berbagai elemen grafis tinggi yang ditawarkan oleh game mu secara maksimal. Sementara refresh rate 144Hz 3ms menjamin kamu tidak akan ketinggalan detail-detail penting yang krusial saat sedang bertanding. Hanya saja, kamu memerlukan webcam eksternal untuk bisa melakukan live streaming, karena ROG Strix Hero III tidak menyediakan build-in webcam seperti generasi terdahulunya. 

Meski tak memiliki build-in webcam, tampilan ROG Strix Hero III tetap keren kok

Mungkin cukup yah untuk pemaparan tentang desain dan performa dari ROG Strix Hero III, bagaimana nih pendapatmu Sobat Esports? Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membawa pulang laptop ini, siapkan uang minimal Rp 25.999.999,- yah!

Siapa nih Sobat Esports yang sudah mencoba ROG Strix Hero III juga? Tertarik untuk meminangnya?