LA Bolds Main

Giliran Belanda Bikin Stadion Esports, Indonesia Menyusul?

Rendy Lim
22/08/2019 14:06 WIB
Giliran Belanda Bikin Stadion Esports, Indonesia Menyusul?
Rampung Akhir 2020, Sudah 75 Events Antri Booking!

Sepanjang tahun 2018 dan 2019, kita mendengar cukup banyak berita tentang pembangunan fasilitas baik stadion ataupun zona khusus yang dikhususkan untuk penyelenggaraan kompetisi esports.

Di penghujung tahun 2018, ada kabar bahwa kota Hangzhou, Cina berniat menggarap sebuah kota yang bakal memfasilitasi aktivitas esports. Area sebesar 3,94 juta meter persegi ini makan biaya 280 juta USD dan bakal diberi nama 'Esports Town'!

Tuan rumah Olimpiade 2022 Hangzhou bangun kota esports

Tidak hanya Cina, pemerintah United Arab Emirates (UAE) juga mencanangkan pembangunan stadion esports Dubai X Stadium yang menggandeng TECOM Group dan pemerintah lokal Dubai Media Office. Klub sepak bola Real Madrid ikut berencana memugar stadion Santiago Bernabeu tahun ini dan memasukkan konsep arena esports sebagai ajang turnamen gim. 

Menyusul negara-negara tersebut, kali ini giliran Belanda yang mengumumkan perencanaan stadion esports pertama mereka. Berdasarkan pemberitaan dari Esports.net, stadion tersebut siap dibangun di Amsterdam pada akhir 2020 mendatang. 

Rabo Esports Stadium Amsterdam akan terdiri dari bangunan sekolah dan olahraga yang nantinya bakal ditujukan sebagai pusat kegiatan esports, gaming, dan teknologi. 'Kampus' berukuran 10.000 meter persegi ini terealisasikan berkat sponsor dari Rabobank dan H20 Esports.

Tidak heran jika saat ini banyak negara yang mulai membangun atau melakukan investasi besar-besaran dalam industri esports. Selain sedang berkembang pesat, banyak kompetisi esports saat ini menggunakan konsep franchise liga di kota-kota seperti Overwatch League dan Call of Duty, membuat kehadiran stadion akan sangat membantu berlangsungnya turnamen tersebut.

75 event sudah antri di stadium esports pertama Belanda selesai dibangun!

Menariknya lagi nih, meski diperkirakan baru akan jadi akhir tahun 2020 mendatang, namun sudah ada sekitar 75 event esports yang sudah melakukan reservasi untuk pengadaan event di Rabo Esports Stadium Amsterdam tahun berikutnya loh! Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, sepertinya kita juga perlu stadion khusus untuk kompetisi esports juga yah di Indonesia!