Esports.ID

Mengenal Fungsi dan Tugas Unit Produksi Esports

Billy
05/09/2019 15:44 WIB
Mengenal Fungsi dan Tugas Unit Produksi Esports
Esports.ID

Suatu event esports memiliki berbagai komponen yang melengkapi kesuksesan acara. Salah satu di antaranya adalah unit produksi. Banyak dari kita sebagai penonton hanya melihat hasil jadinya saja mulai dari sosok MC di layar, tampilan interface pertandingan, lampu warna-warni, sampai semburan konfeti di akhir prosesi.

Tanpa kordinasi dari unit produksi, semua itu tidak akan terlihat keren bagi pemirsa baik itu yang di venue maupun menonton dari rumah. Jangankan menyaksikan momen penganugerahan juara, nonton pertandingan saja akan sulit tanpa ada tim produksi yang bekerja di balik layar. Bahkan kreativitas dan respon cepat dalam proses kerja mereka bisa jadi nilai tambah suatu event.


Nah, kali ini tim Esports.ID akan membahas tentang fungsi tim produksi, apa tugas mereka, dan hambatan apa yang sih selalu mereka hadapi selama event streaming atau live match berlangsung.

Salah satu narasumber yang kami wawancarai adalah Wandi. Dia telah mempelajari ilmu-ilmu produksi di dunia esports sejak tahun 2016. Saat ini, dirinya merupakan kepala tim production di Yamisok.

Menurut Wandi, tugas unit produksi adalah bertangung jawab dalam segala bentuk live streaming maupun tampilan visual. Production harus memastikan bahwa penonton dapat menyaksikan situasi pertandingan dengan baik dan utuh. Sekaligus menyediakan informasi seputar game atau match yang berlangsung lalu menyalurkannya kepada caster untuk ditampilkan pada layar ataupun panggung, oleh MC.

Unsur persiapan adalah salah satu yang terpenting sebagai unit produksi. Termasuk memastikan audio, tampilan video, serta perangkat lainnya agar berfungsi baik, mengerti flow chart sistem komputer, dan hal detil lainnya. Bahkan, keseluruhan tim harus terbiasa untuk hadir empat jam sebelum acara guna memeriksa kembali barang serta melakukan gladi resik, sehingga semua kegiatan nantinya berjalan mulus.

Namun akan selalu ada kisah mengenai hambatan atau kendala saat produksi berjalan. Salah satu yang paling sering terjadi adalah hilangnya audio sampai LED atau big screen yang mati. Kesalahan teknis tersebut tentu sangat mengecewakan namun akan lebih buruk lagi kalau tim produksi tidak menanganinya dengan cekatan dan tenang.

Meski faktor persiapan penting, kesigapan untuk berimprovisasi saat masalah muncul menjadi ujian mental pekerja-pekerja bagian produksi. Untuk itulah, meski perannya ada di belakang layar, tim produksi juga harus percaya diri untuk tampil menghadapi pekerjaannya. Termasuk menentukan ide-ide untuk design layout, pengaturan kamera, dan lain sebagainya.

Bekerja di unit produksi akan cocok bagi kamu yang percaya diri, punya mental kuat dalam tekanan, dan selalu ingin belajar. Kamu harus siap dengan jam kerja yang tinggi, artinya bisa seharian penuh dan jadwal yang tentatif. Tak kalah penting adalah mencintai esports, sehingga selalu merasa bahwa penonton akan dapat sensasi menonton terbaik setelah menyaksikan tayangan garapanmu.

Ya, gampangnya, mirip-mirip kru sebuah film yang berusaha mengatur alur sesuai skenario sembari beri arahan kamera, sehingga karya yang tersaji kepada penonton secara utuh, lebih menarik, dan juga menghibur.

Ada Sobat Esports yang tertarik ingin menggeluti kerja di belakang layar sebagai unit produksi live streaming?