Esports.ID

Punya Aura Bintang, Modal Penting Jadi Artis Esports

Billy
17/09/2019 12:51 WIB
Punya Aura Bintang, Modal Penting Jadi Artis Esports
Esports.ID

Bila kita melihat artis film di layar kaca, impresi pertama para penonton pasti menilai daya tarik seperti tampan atau cantiknya penampilan mereka. Ada juga yang mengedepankan kemampuan akting yang sensasional.

Namun atlet esports, bukanlah orang yang akan mengira hidupnya jadi santapan banyak orang, utamanya fans yang mengikuti kiprah mereka. Makin banyak prestasi yang diraih, makin sering pula publik dan media mengharuskan sang atlet tampil dihadapan kamera.

Sayangnya, tidak banyak pemain yang punya aura bintang walau mereka juara permainan. Padahal dengan skill satu ini, mereka bisa melebarkan sayap kesuksesan lebih jauh lagi.

Menurut komentator esports Alex "Golden Boy" Mendez yang memulai karirnya dengan menggelar turnamen Call of Duty sejak tahun 2011, ia merefleksikan perubahan yang terjadi pada industri esports, juga tentang pentingnya aura bintang untuk dimiliki para atlet.

Ia melihat sosok seperti Ninja, Tfue, xQc telah menciptakan sebuah brand, melebih imej tim yang ada saat ini. Bahkan tak jarang, penonton lebih ingin menyaksikan pemain tertentu tampil ketimbang mendukung satu tim secara keseluruhan.

Apalagi dengan atmosfir dunia profesi esports yang kadang tak tentu, pemain bisa dilepas tiba-tiba, akan lebih nyaman bagi seorang atlet esports memiliki brandnya tersendiri. 

Ambil contoh di Indonesia, sosok seperti JessNoLimit yang besar bersama EVOS Esports, kini telah mengambil langkah-langkah kecil memulai usaha mandiri berkat kebintangan yang ia miliki. Jess merupakan sosok yang ramah kepada fans, seperti sering kita lihat dalam streamnya. Diimbangi dengan skill dan prestasi yang baik, maka ia jadi sumber terpercaya bagi fans yang ingin belajar atau pun kepo dengan kehidupan sang atlet esports tersebut. Ia memanfaatkan hal tersebut menjadi sebuah konten untuk ditonton oleh orang lain yang hasilnya jadi keuntungan tambahan untuk Jess.

Atau Udil yang sensasional. Selain jago bermain Mobile Legends, Udil menciptakan imej sombong yang membuatnya kadang jadi target kebencian. Namun itu semua malah menjadikan sosoknya "media darling" bahkan fans menanti pernyataan provokatifnya. Stream Udil akan selalu ramai penonton, baik itu orang yang ingin melihat aksi midlaner terbaik Indonesia atau orang yang ingin melihat Udil "terjatuh" dari kursi kuasanya.

Ada banyak figur lebih terkenal karena kepribadian mereka ketimbang dikenal karena pemain dari salah satu tim. Itu pula alasan yang menjadikan mereka lebih berjaya secara ekonomi dengan mengambil jalur influencer ketimbang sebagai team player.

Punya aura bintang tak cuma berani melakukan interview atau menerima ajakan selfie dari satu atau dua fans. Namun mempublikasikan dirinya lebih luas untuk konsumsi publik, selagi tentunya menjaga hal-hal pribadi tetap dalam radar tak terjamah.

Tentu kalian bisa menjual banyak hal selain skill. Bisa jadi personalitas yang unik, mungkin kalian ganteng atau cantik, bisa jadi kalian menghibur dimata penonton. Hal tersebut harus digali sendiri dan dikembangkan sebagai nilai jual utama.

Siapa atlet esports yang menurut paling punya aura bintang di Indonesia?