Esports.ID

Dr DisRespect Bandingkan Gajinya Saat Jadi Developer dan Streamer

Rendy Lim
23/10/2019 11:31 WIB
Dr DisRespect Bandingkan Gajinya Saat Jadi Developer dan Streamer
Kata Dr Disrespect Sih Perbandingannya Ibarat Bumi dan Langit....

Siapa yang tidak kenal Dr Disrecpect? Dirinya merupakan salah satu streamer Twitch paling terkenal saat ini dengan jumlah pengikut di channel-nya yang mencapai 3,7 juta followers.

Dr Disrespect memulai karir streamingnya pada tahun 2015, hingga akhirnya memutuskan untuk full time setahun kemudian. Sebelum itu, dia pernah bekerja di perusahaan developer Sledgehammer Games dengan posisi level designer.


Dr Disrespect
menceritakan tentang perbedaan dari penghasilannya saat menjadi developer gim ketimbang sebagai streamer, setelah mendapat pertanyaan salah satu follower yang menanyakan kondisi keuangannya. Mulai bekerja di Sledgehammer Games dari 2012, Doc pernah menangani titel populer seperti Call of Duty Advance Warfare, bahkan ikut serta dalam membuat map Solar yang iconic.

Kecintaannya terhadap desain map masih ditemukan saat stream, yakni saat dirinya membuat Modern Warfare-style 2v2 map. Sayangnya, Doc menyatakan tidak punya keinginan untuk kembali ke industri tersebut sama sekali.

Doc mengatakan kepada para fans bahwa selama berkarir tiga tahun sebagai developer, dirinya hanya mengumpulkan 56.000 USD, termasuk bonus dari beberapa proyek yang dikerjakannya. Berbeda jauh dengan hasil perolehannya dari live streaming, yang saat ini telah mencapai angka jutaan dolar AS.

Estimasinya, dari subscribers Dr Disrespect yang mencapai 22.000, Doc akan mendapatkan kurang lebih 100.000 USD setiap bulannya, belum lagi ditambah tier 2 dan tier 3 subscriptions yang memiliki nilai lebih tinggi. Selain itu, penghasilan tersebut belum ditambah dengan donasi, pembayaran iklan, hingga sponsored streams.

Bayangkan saja, sebelumnya Ninja dibayar 1 juta USD untuk rutin memainkan Apex Legends pada saat rilis di awal tahun ini. Doc sendiri juga pernah melakukan sponsored streams untuk Apex Legends, serta gim AAA lainnya seperti Ghost Recon: Breakpoint dan seri terbaru Call of Duty.

Sepertinya karir di bidang streaming memang sangat menjanjikan yah Sobat Esports, terutama dalam segi bayarannya. Bagaimana pendapatmu, apakah tertarik untuk terjun ke dunia streaming juga?