Esports.ID

Giring IESPL: Piala Presiden Esports Usung Gim Lokal!

Meneketehe
02/10/2019 14:34 WIB
Giring IESPL: Piala Presiden Esports Usung Gim Lokal!
Promosi Karya Anak Bangsa di Gelaran Esports Bergengsi (Foto: TopSkor)

Perhelatan Piala Presiden Esports 2020 dipastikan bakal lebih meriah dan bergengsi! Nada optimis yang tersuarakan setelah Giring Ganesha memaparkan beberapa detil resmi terkait pelaksanaan turnamen berskala nasional di tahun keduanya ini.

Selaku CEO dari IESPL, dan Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports (PPE) 2020, Giring Ganesha menuturkan bahwa mereka akan mengusung tiga gim pada ajang tahun ini, dengan salah satunya gim buatan lokal.

"Piala Presiden Esports 2019 sebelumnya, kita hanya memainkan satu gim, tapi kalau sekarang dengan bangga kita bilang bahwa PPE bakal mempertandingkan tiga gim, termasuk gim lokal," ujar Giring Ganesha, dalam acara dialog media bertajuk 'Membangun Ekosistem Esports' di Plaza Senayan, Selasa (1/10) kemarin.


Bersinergi Demi Membaiknya Ekosistem Esports di Indonesia

Tahun kemarin, dengan hanya usung satu turnamen gim saja, yaitu Mobile Legends, Piala Presiden Esports 2019 mampu menarik minat dari empat juta penonton. Kini, PPE 2020 mempertandingkan tiga gim, yakni Free Fire - Battleground, Pro Evolution Soccer (PES), dan satu lagi gim lokal yang belum dapat dikonfirmasi titelnya.

"Intinya, kita mendukung industri gim lokal juga. Karena menurut saya, PPE adalah momen yang bagus banget untuk mereka mempromosikan karya anak bangsa," ujarnya menambahkan.

Selain mengusung tiga gim esports, Giring juga menyampaikan adanya kehadiran tim-tim asal negara Asia Tenggara yang datang ke Indonesia dan sama-sama berjuang memperebutkan trofi Piala Presiden Esports 2020. Negara-negara yang ambil bagian antara lain Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Kamboja.


Pemerintah Dukung Penuh Piala Presiden Esports 2019

Secara pribadi, masih menurut Giring, PPE bisa menjadi ajang esports paling bergengsi di Indonesia yang sekaligus bisa untuk meningkatkan ekonomi dan prestasi para atlet esports di tanah air. Terlebih dengan dukungan penuh dari pihak-pihak seperti Kemenpora, BEKRAF, dan Kominfo, yang secara aktif mulai serius mengembangkan ekosistem esports di Indonesia.