Esports.ID

Luluh Juga, Sony Izinkan Crossplay untuk Semua Gim

Rendy Lim
03/10/2019 15:25 WIB
Luluh Juga, Sony Izinkan Crossplay untuk Semua Gim
Kabar Gembira, Tapi Tidak Semua Developer Setuju..

Sony PlayStation 4 mungkin bisa dikatakan sebagai konsol yang paling 'keras kepala' karena menolak keras ide crossplayCEO SonyKenichiro Yoshida bahkan pernah menyatakan bahwa PS4 merupakan tempat terbaik untuk bermain, itulah sebabnya Sony sangat mempertimbangkan untuk izinkan cross-platform karena merasa dapat memberikan pengalaman terbaik bagi user.

Tidak lama setelah itu, berkat desakan dari komunitas Fortnite dan John KoderaPresident & CEO dari Sony Interactive Entertainment akhirnya menghadirkan fitur crossplay untuk gim Fornite. Namun siapa sangka, keberhasilan Fortnite sebagai gim pertama yang mendapatkan fitur lintas platform di PS4 membuka jalan bagi developer-developer lainnya.

Fortnite jadi gim pertama PS4 yang menghadirkan fitur cross-play

Saat ini, Sony PlayStation memberikan kesempatan bagi semua studio gim untuk menghadirkan fitur ini pada gim mereka masing-masing. Gamer Xbox, PC dan Nintendo Switch sepertinya bisa mendapatkan pengalaman baru berkat kehadiran sistem lintas platform di gim favorit mereka. Mungkin sebentar lagi kita bisa melihat player-player dari gim seperti PUBG, Call of Duty, dan Rainbow Six dari berbagai konsol main bersama.

Sepertinya kita harus berterima kasih kepada Fortnite dan Rocket League yang telah membantu menyuarakan dan menyadarkan Sony PlayStation untuk izinkan akses crossplay dalam konsolnya demi masa depan gim. 

Meskipun ada gim-gim yang tidak memiliki masalah jika dimainkan dalam platform berbeda, tapi tidak semua bisa menerapkan hal ini. Adanya keterbatasan netcode dan sistem yang membuatnya tidak semudah menekan tombol guna menjalankan fitur lintas platform pada sebuah gim. Serta ada alasan tertentu bagi beberapa developer untuk tidak menanamkan fitur ini, salah satunya adalah Overwatch.

Gim besutan Blizzard ini memang sudah hadir dalam berbagai platform, mulai dari PC, PS4, hingga Nintendo Switch, namun mereka menegaskan dengan berbagai alasan bahwa lintas platform tidak akan berjalan baik. Hal ini dilakukan karena Blizzard ingin menjaga level kompetisi untuk setiap platform berbeda dan mungkin saja agar tidak menganggu kestabilan performa serta keseimbangan pemain yang sedang bertanding di berbagai kompetisi, seperti Overwatch League. 

Terlepas dari beberapa developer dan gim yang memutuskan tidak berpartisipasi dalam penerapan fitur crossplay, ini adalah kabar gembira sekaligus langkah baru untuk kemajuan industri gaming dunia. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, gim apa nih yang kamu tunggu-tunggu untuk dapat dimainkan lintas platform?