Esports.ID

Digelar Akhir Tahun, EXGCon Beberkan Detail Acara!

basittt
06/11/2019 16:08 WIB
Digelar Akhir Tahun, EXGCon Beberkan Detail Acara!
EXGCon 2019, Perwujudan Gaming Convention & Esports oleh Famous Allstars

Bertempat di GoWork - Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Famous Allstars gelar konferensi pers (5/11) untuk umumkan lebih detail perhelatan akbar yang akan digagas akhir tahun ini, yaitu EXGCon 2019. Acara yang libatkan unsur esports dan gaming ini, akan berlangsung pada tanggal 13-15 Desember 2019 di Kartika Expo Center - Balai Kartini Jakarta.

EXGCon diadakan untuk menjadi wadah interaksi dan bertemunya para pelaku industri gaming Indonesia, di mana Famous Allstars berkolaborasi dengan lebih dari 50 mitra dan menawarkan sejumlah pengalaman menarik yang Sobat Esports idam-idamkan. Nantinya, para pengunjung akan dapat menikmati experience zone dari kolaborasi sejumlah publisher ternama di Indonesia. Di samping itu, EXGCon juga akan menghadirkan cosplay parade yang diikuti lebih dari 40 cosplayer professional lokal dan internasional, serta acara meet & greet dengan pro player, sekaligus pnemapilan dari musisi terkenal Indonesia.

"EXGCon itu adalah gaming convention, esports & gaming yang kita adakan dari Famous Allstars di 13-15 Desember 2019. Kalau kita lihat di Indonesia, kebanyakan acara yang modelnya semacam esports tournament. Di mana professional team berlaga, kemudian fans datang menonton tim favoritnya untuk bertanding. Tetapi di EXGCon ini, kita akan lebih fokus ke acara untuk fans, di mana sebagai penyelenggara kita mengumpulkan stakeholders dari industri gaming, makanya ada pro team, publisher, developer, cosplayer, music performer, caster. Tujuan dari kita kumpulkan stakeholders di sini untuk membuat fans datang dan bisa engage dengan mereka. Jadi EXGCon akan jadi tempat bagi para fans untuk enjoy tentang semua yang ada di dunia gaming," ungkap Alex Wijaya, selaku Business Director Famous Allstars.

Pada acara ini, Alex Wijaya juga menginformasikan tentang diadakannya ajang apresiasi untuk para pelaku di industri esports dan gaming. "Indonesia Gaming Award diperuntukkan untuk mengapresiasi para pelaku di dunia gaming, baik itu player, developer, media, ataupun para talents seperti gaming content creator, casters dan cosplayers. Kami berharap Indonesia Gaming Award akan memacu dan menginspirasi banyak orang untuk bersinergi serta memajukan industri gaming di Indonesia."

Libatkan lebih dari 70 panelis yang terdiri dari berbagai macam stakeholders, Indonesia Gaming Award menghadirkan 11 kategori penghargaan, yaitu:

  1. Most Favourite Gaming Content Creator Of The Year
  2. Most Favourite Cosplayer Of The Year
  3. Most Favourite Caster Of The Year
  4. Most Favourite Hardware and Gaming Peripherals Of The Year
  5. Most Favourite Tournament Of The Year
  6. Most Favourite Game Of The Year
  7. Most Favourite Developer Of The Year
  8. Most Favourite Publisher Of The Year
  9. Most Favourite Gaming Media Of The Year
  10. Most Favourite Esports Team Of The Year
  11. Most Favourite Player Of The Year

Sobat Esports akan dapatkan kesempatan untuk memberikan suara setelah nominasi dipilih oleh para panelis. Diinformasikan voting akan dimulai pada tanggal 11-30 November 2019 melalui Website, Twitter dan Instagram milik EXGCon. Hasil dari nominasi ini akan diumumkan pada Awarding Night, hari pertama EXGCon digelar tepatnya pada tanggal 13 Desember 2019.

Berpaling dari Indonesia Gaming Award, sejumlah acara inti yang ditunggu Sobat Esports juga sudah dikonfirmasi kehadirannya. Garena Indonesia memberitahukan bahwa Grand Final Major Series 2019 dari gim Call of Duty Mobile akan berlangsung di Balai Kartini, usai jalani kualifikasi online di bulan November.

"Jika sebelumnya Garena masih merahasiakan terkait dukungan terhadap EXGCon, kali ini kami sudah bisa announce akan membawa Call of Duty Mobile. Kebetulan di EXGCon ini akan ada satu Grand Final yang sangat spesial dan kita akan bawa banyak activity sekaligus bagi-bagi merchandise eksklusif COD Mobile." ungkap Wijaya Nugroho, Business Development, Esports Manager Garena Indonesia.

Di samping Grand Final COD Mobile, Famous Allstars juga membuka ragam kompetisi amatir yang memberi kesempatan bagi Sobat Esports untuk merasakan langsung panggung utama EXGCon 2019. "Actually, turnamennya baru akan kita announce akhir November ini, kita akan buka. Jadi COD Mobile itu nantinya akan ada 2 turnamen, satu memang turnamen COD Mobile sendiri di mana mereka melaksanakan Grand Final di EXGCon. Namun, untuk EXGCon-nya sendiri kita akan membuat turnamen COD Mobile untuk amatir. Pendaftarannya akan kita buka akhir November ini dan turnamennya diadakan seluruhnya di EXGCon. Meskipun belum fixed apakah 64 atau 128 tim, akan tetapi semuanya mulai dari Qualifier akan dijalankan selama 2 hari dan finalnya akan berlangsung di Main Stage. Ini yang kita sebut-sebut, kenapa fans bisa merasakan sensasi menjadi pro player." tambah Alex Wijaya.

Sedangkan AKG Games, mengkonfirmasi untuk hadirkan dua experience zone yang membuat fans dapat merasakan pengalaman gaming yang epik dari beberapa gim besutan Blizzard Entertainment, yaitu Hearthstone dan Overwatch. Selain itu, AKG Games juga hadirkan Pokemon Zone, di mana seluruh Pokemon Trainers dapat datang dan mengikuti fun match sekaligus sesi tutorial bersama pemain ternama sebagai persiapan untuk mengikuti Pokemon Trading Card Regional Final di bulan Januari 2020, Indomaret Series.

"AKG Games meyakini bahwa platform seperti EXGCon dapat memberikan peluang bagi komunitas game yang berkembang di Indonesia. AKG Games juga berharap dapat memberikan pengalaman yang berkualitas bagi para penggemar juga para pemain baru," kata Jason Ong, selaku Public Relation dari AKG Games.

Sudah punya segudang agenda untuk direalisasikan, sepertinya EXGCon 2019 akan ramai dipadati gamer dari semua kalangan. Apalagi turnamen amatirnya selain yang disebutkan di atas juga akan ada Fighting Game, Card Game, Game Simulator, Game Sepakbola, dan berbagai game konsol lainnya. Benar-benar ajang esports dan gaming yang super lengkap bukan?