Esports.ID

Esports SEA Games 2019, Detail Jadwal Pertandingan

Meneketehe
25/11/2019 18:10 WIB
Esports SEA Games 2019, Detail Jadwal Pertandingan
ML Jadi Pengalungan Medali Perdana, Tekken 7 Sebagai Penutup!

Mulai tanggal 30 November hingga 11 Desember, panggung olahraga khususnya di region Asia Tenggara akan menyoroti ajang rutin dua tahun sekali, SEA Games. Tapi, tahun ini kian spesial, terutama bagi para penikmat esports, manakala cabang olahraga elektronik kekinian tersebut menjadi cabor resmi perebutan medali! Apa saja yang dipertandingkan?

Total ada enam cabang olahraga elektronik yang dipertandingkan, yakni Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, Tekken 7, StarCraft 2, Hearthstone, dan DOTA 2. Enam medali emas akan diperebutkan oleh atlet-atlet esports terbaik dari 11 negara peserta, termasuk tentunya Indonesia yang mengirimkan wakil-wakilnya untuk keseluruhan cabang.

Secara khusus, cabang esports akan berlangsung selama 6 hari beruntun, yang dimulai dari tanggal 5 Desember sampai 10 Desember. Lokasi pertandingannya sendiri berpusat di FilOil Flying V Centre, San Juan, Manila. Berikut ini adalah jadwal lengkap dan info detil acara setiap harinya, untuk kategori esports di SEA Games 2019!

Seyogianya, mulai dari hari pertama (5/12) akan sudah mulai berlangsung babak kualifikasi dan penyisihan untuk beberapa cabang gim. Setelah acara pembukaan, tiga gim sekaligus melangsungkan babak penyisihan grup, yakni Hearthstone, StarCraft 2, dan Mobile Legends: Bang Bang. Perkiraan waktu pelaksanaannya adalah mulai dari pukul 9 (opening ceremony) sampai pukul 9 malam waktu setempat.

Penyisihan grup dari ketiga cabang di atas masih akan berlanjut pada hari kedua (6/12), yang dipuncaki partai semifinal dan perebutan medali perunggu dari Hearthstone, lalu sejumlah partai lower bracket dan final upper StarCraft 2 (sampai semifinal dan perebutan medali perunggu). Demikian pula, dua partai semifinal dari cabang Mobile Legends: Bang Bang.

Hari ketiga (7/12) hanya mempertandingkan dua cabang saja, yakni DOTA 2 dan Arena of Valor. Mulai dari kualifikasi grup (A & B), hingga berakhirnya dua partai semifinal kedua cabang tersebut pada keesokan harinya (8/12). Hari keempat juga bakal menandai pengalungan medali emas pertama dari cabang esports di SEA Games 2019, untuk tim pemenang MLBB.

Setelahnya, secara berturut-turut, setiap cabang pun mengakhiri partai puncaknya dan disertai pengalungan medali emas bagi pemenang. Di tanggal 9 Desember, selain menggelar partai perebutan medali emas untuk cabang Hearthstone, ada pula partai perebutan medali di cabang Arena of Valor dan DOTA 2.

Uniknya, keseluruhan pertandingan untuk cabang Tekken 7 diselesaikan pada hari terakhir (10/12), setelah babak final StarCraft 2 berlangsung di siang harinya. Menarik untuk ditunggu kiprah-kiprah atlet esports di Asia Tenggara berlaga saat membela negara mereka masing-masing!

Sayangnya, jadwal lengkap dan info detil acara untuk pertandingan esports di SEA Games 2019, tidak dibarengi dengan official broadcast channel yang bakal menayangkan secara langsung keseluruhan pertandingan. Pihak penanggung jawab esports di Malaysia, yakni ESM sendiri masih belum mengumumkan perihal kanal penyiaran resminya. Pastikan untuk pantau berita terupdate dari Esports di SEA Games 2019, hanya di Esports.ID!