Esports.ID

Garena Resmi Gelar Turnamen CODM Major Series 2019!

basittt
05/11/2019 02:50 WIB
Garena Resmi Gelar Turnamen CODM Major Series 2019!

Menjawab antusiasme para gamer yang sangat tinggi akan sisi kompetitif dari gim Call of Duty Mobile, hari ini (4/11) Garena Indonesia secara resmi mengumumkan kehadiran kompetisi pertama mereka yang digadang-gadangkan dengan nama Major Series 2019. Siapkan total hadiah hingga 110 juta rupiah, turnamen ini diadakan untuk mencari 4 tim COD Mobile paling kuat di Indonesia, dengan puncak pertandingannya akan menjadi sebuah laga Grand Final yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Sejak resmi diluncurkan pada awal Oktober lalu, COD Mobile mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para gamer. Hal itu terbukti dengan besarnya antusiasme Soldier (sebutan untuk pemain COD Mobile) di turnamen online 'Warfare' yang diadakan pada tanggal 26 Oktober 2019, tercatat lebih dari 2.500 peserta ikut mendaftar yang menghasilkan 3 juara, yaitu EVOS Esports, Saints Indo dan Team NXL. Meski masih berumur 1 bulan, melalui Major Series 2019 Garena Indonesia siap membuktikan komitmennya untuk berkontribusi dalam perkembangan esports Indonesia yang lebih pesat.

"Saat ini kita tahu bahwa antusiasme masyarakat sangat besar terhadap COD Mobile, bahkan dari sebelum dirilis sudah ada tim esports ternama yang membuat divisi untuk COD Mobile. Dari level komunitas sendiri, kita melihat berbagai turnamen diadakan dari dan untuk komunitas, bahkan setiap hari kita menerima banyak request dari komunitas di berbagai kota yang bertanya perihal saran dan ide penyelenggaraan event. Jadi dari berbagai level kita melihat antusiasmenya sudah tinggi sekali, bukan hanya dari segi optimisme tapi kita lihat antusiasme yang sudah ada saat ini sangat tinggi terhadap COD Mobile," ungkap Edmundo Swidoyono, Producer Call of Duty: Mobile Garena.

"Atas banyaknya permintaan untuk turnamen Major yang berjenjang, kami akhirnya memutuskan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya melalui Major Series 2019. Turnamen ini akan diadakan sepanjang November hingga Desember 2019, yang mana pendaftarannya akan dibuka selama 4 hari dengan limit tim pendaftar lebih besar dari sebelumnya, dari 64 menjadi 512 tim yang dapat mendaftarkan diri. Tentu saja turnamen ini terbuka untuk umum, dari level pro, semi-pro atau amatir semua bebas mendaftarkan diri untuk memperebutkan total hadiah 110 juta rupiah," tambahnya.

Bagi Soldiers yang ingin membuktikan permainan terbaiknya, kamu dapat melakukan pendaftaran untuk tahap kualifikasi melalui LINK BERIKUT pada tanggal 4-7 November 2019. Tahap kualifikasi ini akan dilakukan secara online dan dipertandingkan melalui dua fase, yaitu:

- Kualifikasi 1 berlangsung pada tanggal 12-16 November 2019
- Kualifikasi 2 berlangsung pada tanggal 19-23 November 2019

Pemain yang sudah terdaftar dalam kompetisi akan dijadwalkan bertanding baik itu di kualifikasi 1 ataupun 2 dalam kompetisi itu. Jadi total 4 tim (2 tim dari setiap fase), akan melanjutkan pertandingan ke tahap Grand Final Major Series pada tanggal 14 Desember 2019 di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Sebagai kompetisi yang berangkat dari keinginan besar komunitas, Garena Indonesia sudah pasti melibatkan mereka dalam penyelenggaraan Major Series 2019. Pada konferensi pers yang dilakukan di XXI Plaza Senayan, beberapa organisasi besar esports yang tampak sudah serius di gim COD Mobile turut serta dilibatkan sebagai narasumber, sebut saja EVOS Esports, GGWP, BOOM Esports hingga Rex Regum Qeon.

"Kita analisis, ternyata COD Mobile punya dampak pengembangan yang bagus dan kita yakin terhadap potensi tersebut CODM bakal besar ke depannya. Sehingga kita harus jadi yang pertama, baik dari membentuk tim nya ataupun dari pengadaan kompetisinya." ungkap Henov Iqbal Assidiq, Headmaster GGWP.

Sebagai sang juara di kompetisi uji coba pertama Garena dan GGWP, Kevin FN 'Legion' sebagai pemain di divisi COD Mobile EVOS Esports mengungkapkan antusiasmenya, "Kita sudah mulai terlebih dahulu melalui gim COD Mobile di server Australia. Kita sudah main ataupun skrim melawan tim-tim luar negeri, push rank di sana. Kita memang sudah siap dan prepare banget, jadi kita tinggal tunggu COD Mobile rilis di Indonesia. Saat gim tersebut rilis di Indo, kita memang sudah mengincar dan memang ingin menang turnamen banget. Dikarenakan saat itu GGWP menyelenggarakan turnamen, akhirnya kita coba untuk ikut dan ternyata bisa menang."

Menanggapi kehadiran Major Series 2019, Kevin membeberkan kiat-kiat yang akan mereka lakukan dalam menghadapi kompetisi itu. "Latihan yang akan kita lakukan sih sebenarnya lebih banyak skrim dan mapping bareng satu tim. Selain itu ada evaluasi bareng, melihat kesalahan, role kita coba ganti-ganti hingga menemukan yang paling pas. Pokoknya kita lebih mengandalkan chemistry dan insting kita sebagai tim disamping penerapan strategi."

Berbeda dengan George Andika 'Tierison', seorang YouTuber yang malah berbelok jadi player untuk BOOM Esports mengungkapkan, "Kenapa masuk ke dunia professional player, karena dari dulu sejak main gim PC sudah tertarik banget, cuma belum ada jalannya. Memang dari awal YouTube itu fokusin ke gim FPS dan kebetulan COD Mobile keluar, saat tahu ada mode Bomb Mission 5v5 aku tertarik karena rasanya masih sama saja. Hanya saja saat berada di dunia pro sudah tidak bisa party malam-malam lagi, karena waktu latihan dan sebagainya diatur, tetapi menurut saya seru banget."

Sedangkan Yulius 'NextJacks' yang saat ini menjadi coach di RRQ Endeavour, punya kejutan kepada seluruh fans RRQ di tanah air bersamaan dengan acara ini. "Jadi sebenarnya kita dari divisi gim sebelah, sekarang kita memutuskan untuk pindah ke gim mobile. Karena industri gim di Indonesia mobile itu sedang booming banget dan kita merasa sudah cukup mengukir nama di gim sebelah. Sekarang saatnya kita untuk buka lembaran baru dan menunjukkan kepada dunia bahwa RRQ Endeavour tidak hanya jago di gim yang kita tekuni sebelumnya. Apalagi COD Mobile masih satu jalur dengan kita karena mode Bomb Mission 5v5, jadi kita merasa memang sudah saatnya."

Selain menyuguhkan turnamen major untuk COD Mobile, Garena juga membuka dukungan untuk turnamen-turnamen tingkat komunitas melalui program Boot Camp. Seluruh komunitas dapat mengajukan aktivitas seperti gathering atau turnamen di setiap daerah, kemudian Garena akan mendukung dengan menyediakan panduan umum turnamen serta hadiah in-game item.

"Bagi para penyelenggara/komunitas yang berada di masing-masing daerah, bisa mendaftarkan acaranya melalui codm.co.id/bootcamp. Setiap proposal yang masuk ke kita tentunya akan di evaluasi terlebih dahulu, dimana program yang disetujui akan mendapatkan dukungan secara penuh dari Garena." pungkas Edmundo.

Sepertinya CODM akan terus memberikan gebrakan untuk perkembangan esports di Indonesia. Bagaimana menurut pendapat kamu, Sobat?