IES Ligagame

IMAX Rencana Wujudkan Sarana Menonton Esports di Bioskop!

Billy Rifki
10/01/2020 14:59 WIB
IMAX Rencana Wujudkan Sarana Menonton Esports di Bioskop!
Kira-kira gimana rasanya menonton kompetisi esports di bioskop yah? source: variety.com, business insider

Tak lama lagi, event esports bakal makin megah berkat kerjasama antara IMAX dan Vindex.gg. IMAX, jaringan bisnis sinema populer berusaha menarik lebih banyak pengunjung untuk nongkrong di bioskop. Salah satu caranya adalah menayangkan event esports.

Hal ini didukung oleh Vindex.gg, perusahaan start up yang dibentuk oleh pendiri Major League Gaming yakni Mike Sepso and Sundance DiGiovanni. Hal ini membuat pengalamannya dalam menghelat event-event esports tidak perlu diragukan lagi. Keduanya bekerjasama untuk melebarkan fungsi bioskop menjadi alternatif fans esports untuk berkumpul menikmati event favoritnya.

Meski belum diketahui event esports apa saja yang akan mereka tayangkan, namun melihat pangsa pasar penonton esports, mereka yakin bisnis ini akan menguntungkan. Hampir setiap event esports besar memiliki berbagai cara untuk dinikmati pecintanya. Mulai dari menonton live streaming di rumah, berkumpul di tempat nongkrong bareng-bareng hingga hadir di venue secara langsung.

Sebagai contoh, penjualan tiket turnamen League of Legends World Championship di Paris, Berlin dan Madrid terjual dalam waktu 8 detik saja. Sedangkan jumlah penonton online via berbagai platform mencapai angka 44 juta penonton.

Angka diatas menunjukan betapa besarnya penonton esports dan potensi keuntungan yang bisa diraih. Apalagi, jaringan bisnis IMAX sendiri telah menyebar luas di 80 negara dengan lebih dari 1.500 teater. 

Vindex yang bertugas sebagai penyedia konten esports berencana memulai sajian esports di IMAX pada paruh pertama 2020. CEO dari IMAX, Rich Gelfond mengatakan bahwa IMAX tak saja dilihat sebagai sarana nonton tapi tujuan tempat kumpul para komunitas dan fans. "Kami telah lama menanti kesempatan untuk menghadirkan dunia esports yang eksplosif dalam platform kami dan kami sangat gembira bisa bekerjasama dengan inovator ulung seperti Mike, Sundance dan tim Vindex untuk menciptakan pengalaman baru untuk fans di seluruh dunia." katanya

Di Indonesia sendiri ada studio IMAX sudah tersebar luas di ibukota dan kota-kota besar lainnya. Apakah strategi bisnis seperti ini bisa menarik bagi fans esports tanah air? Kamu tertarik untuk menonton turnamen di bioskop ga Sobat Esports?