IES Ligagame

Tutorial Jadi Atlet Esports yang Baik untuk Fans

Billy Rifki
28/01/2020 15:43 WIB
Tutorial Jadi Atlet Esports yang Baik untuk Fans
how to be pro gamer

Banyak dari kita bertanya-tanya, bagaimana sih rasanya jadi orang terkenal? Apa yang dirasakan tiap hari oleh atlet esports profesional dan memiliki banyak fans?

Pasti seru banget yah. Tapi, nyatanya jadi "artis" itu ada repotnya juga loh. Selain harus tetap berusaha senyum di depan kamera ataupun fans, kadang harus menerima kritikan sampain cemooh dengan lapang dada. Tak jarang juga pemain pro yang malah terpancing untuk emosi dan pada akhirnya merugikan karirnya sendiri.

Yang pasti, momen itu sudah jadi mimpi banyak gamer, salah satunya mungkin kamu. Meskipun sobat Esports saat ini belum bisa populer, tapi ngga ada salahnya loh melatih pembawaan diri jadi lebih positif dan memahami interaksi yang baik layaknya gamer profesional terhadap fan.

Nah, yuk kita pahami seksama tutorial jadi atlet esports yang baik biar dicintai fans!

- Belajar Bersabar

Kamu sudah letih harus menjalani turnamen di luar kota. Apalagi timmu mengalami kekalahan yang tak mengenakan. Tapi sebagai sosok idola, kamu harus menunjukan rasa apresiasi kepada fans yang tetap hadir mendukungmu.

Keluarkanlah citra baik dan bersabar menghadapi permintaan mereka, karena orang-orang tersebut tetap hadir saat kamu merasa sendirian.

Toh, fans hanya meminta hal yang simpel, seperti foto bareng atau tanda tangan. Kalau kamu terlalu lelah dan tak bisa menemui mereka langsung, cukup lempar senyum terbaikmu dan lambaikan gestur terimakasih kepada mereka.

Perlakuan seperti ini akan membekas di hati para fans dan mereka akan jadi pasukan setiamu sampai waktu mendatang. 

- Memahami Perspektif Penggemar

Tingkat lanjutan dari memberi apresiasi pada fans adalah meet and greet. Momen ini kamu harus menyediakan waktu untuk penggemar beruntung untuk berbincang dengan lebih personal.

Bayangkan posisimu ketika belum jadi orang terkenal, lalu bertemu dengan pujaan seperti Inyourdream, Reza Arap, JessNoLimit atau Lemon, pasti kalian jadi terlalu gembira dan mungkin tak bisa berkata-kata.

Nah setelah menyadari perspektif tersebut, bersikaplah lebih ringan kepada fans tersebut dengan tidak menunjukan aura jengkel bila seorang penggemar melakukan kesalahan. Mungkin salah berbicara atau bertindak agak agresif.

Buat suasana cair agar mereka bisa memanfaatkan momen singkat tersebut jadi berarti. Gunakan senyum untuk menghiraukan kalimat fans yang bisa berbelit atau tertawa karena ekspresi tegang mereka. Bila ada permintaan yang terlalu mengada-ngada, tolaklah dengan halus.

- Menghindari Perdebatan Online

Semakin banyak fans, banyak pula haters yang pasti menyerangmu. Sebagai public figure, atlet esports profesional kamu harus pintar. Berhenti meladeni mereka dan jangan mudah terpancing andai kamu memutuskan untuk tahu detil kritik seperti apa yang mereka lontarkan.

Ekspresikan balasanmu dalam media berbeda, bukan dengan membalas langsung di kolam keruh yang sama. Buat sebuah blog yang memuat perspektifmu sehingga kamu bisa mengklarifikasi sesuatu lebih jelas. Cara seperti ini membuat citramu jadi lebih pintar hanya karena suka menulis.

Yang pasti, jangan buat tulisan yang provokatif sehingga menimbulkan kesan tak terima kritik dan memperpanjang konflik. Perhalus kosakata dengan kalimat santai namun pusatkan konteks tulisanmu dengan apa yang ingin kamu nyatakan.

- Jaga Privasi-mu

Semua hal diatas bukan berarti kamu tak layak memiliki waktu privat untuk dirimu dan keluarga. Lindungi dirimu dengan hal-hal sederhana dengan tidak mengaktifkan geo-tagging atau jangan sering-sering live instagram dan memberitahukan lokasimu akan kemana dan mau apa.

Fans fanatik pasti memanfaatkan semua kesempatan untuk bisa bertemu dengan idolanya, dan kamu tak bisa menyalahkan mereka kalau nyatanya kamu tak bisa menjaga diri sendiri.

Lindungi penggemarmu dengan cara menjaga hidup pribadimu.

- Pilih-pilih Teman

Kamu sudah terkenal dan memiliki banyak uang. Saat-saat seperti ini bakal mengundang orang baru yag benar-benar kagum atau ingin memanfaatkan ketenaranmu.

Beberapa bahkan sudah punya niat jelek untuk menjebakmu. Untuk itu berhati-hatilah menerima orang baru dalam lingkaran sosialmu dan jangan mudah percaya dengan mereka.

Pisahkan mana orang yang bisa kamu percaya dalam bekerja, mana yang kamu percaya sebagai sahabat.

Nah itu dia tutorial kalau kamu jadi atlet esports terkenal dan punya banyak fans. Kalau kamu mulai menapaki jalan menuju kesana, coba terapkan tips diatas siapa tahu kamu benar-benar jadi sensasi esports tahun ini.